My Blog

Data, Knowledge, and Decision Support

Posted: November 27th 2012

Data Knowledge

  • Data, Knowledge, and Decision Support digunaan dalam ┬áproses :
    1. Pengambilan keputusan proses dan bagaimana TI dapat mendukung
    2. Berbagai jenis pendukung keputusan, termasuk DSS, EIS, dan GDSS
    3. Metode analisis dan pertambangan data yang tersimpan
    4. Cara menyajikan informasi melalui teknik visualisasi data
    5. Pengetahuan manajemen dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan organisasi
  • membantu Manager dalam melakukan proses
    1. Membuat keputusan dalam proses pencapaian tujuan
    2. Interpersonal peran: tokoh, pemimpin, penghubung
    3. Informational peran: monitor, penyebar, juru bicara
    4. Putusan peran: pengusaha, handler gangguan, pengalokasi sumber daya, negosiator
  • manager membutuhkan suport IT
    1. Volume informasi yang tersedia  mengejutkan
    2. Manual pengolahan informasi dengan cepat semakin sulit
    3. Pemodelan Komputerisasi membantu mengelola kompleksitas dalam
      • meneliti berbagai alternatif sangat cepat
      • memberikan analisis risiko sistematik

Data

  • Sumber Data
    1. internal data
    2. data Pribadi (personal)
    3. eksternal data
  • Metode Pengumpulan Data
    1. wawancara
    2. Dengan instrumen dan sensor
    3. Scanning atau transfer (scanning barcode)
  • Kualitas Data
    • kualitas data menentukan kegunaan data dan juga kualitas keputusan berdasarkan data
    • isu yang sangat penting
    • karakteristik data berkualitas tinggi: akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten
  • Penyimpanan Data dan Manajemen
    • Penyimpanan Data
      • Database atau data mart (lebih kecil dari data warehouse) dan data warehouse
    • Manajemen Data kesulitan
      • Data volume eksponensial meningkat dengan waktu
      • Banyak metode dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data
      • Raw data yang tersimpan memakan banyak tempat dan cara
      • hanya bagian kecil dari data yang relevan untuk situasi tertentu
      • Semakin banyak data eksternal
      • Persyaratan hukum yang berbeda yang berkaitan dengan data yang
      • Kesulitan memilih alat manajemen data
      • Keamanan data, kualitas, dan integritas sangat penting
  • Business Intelligence (suatu sistem cerdas untuk berbisnis juga mengelola & menggali data)
    • Tujuan utama pengumpulan data adalah untuk memberikan landasan untuk intelijen bisnis
      • Semua data yang diperlukan untuk keputusan suara
      • Data diambil dari gudang data atau data mart
      • Alat analisa data yang diterapkan
      • Penilaian pengambil keputusan ‘ditambah dengan fakta, analisis, dan prakiraan

Decision Making Process ( Proses Pengambilan Keputusan)

  1. Decision Support Systems menyediakan dukungan terkomputerisasi untuk proses pengambilan keputusan
  2. Akhir-pengguna aktif bekerja dengan data warehouse
  3. Akhir-pengguna menerapkan model untuk mewakili, memahami, dan menyederhanakan situasi keputusan

Sebuah Kerangka Pendukung Keputusan Komputerisasi

  • Struktur Masalah
    • proses pengambilan keputusan jatuh di sepanjang sebuah kontinum yang berkisar dari yang sangat terstruktur keputusan yang sangat terstruktur
  • Sifat Keputusan
    • perencanaan strategis – yang tujuan jangka panjang dan kebijakan untuk alokasi sumber daya
    • manajemen kontrol – akuisisi dan pemanfaatan sumber daya yang efisien dalam pencapaian tujuan organisasi
    • operasional kontrol – eksekusi efisien dan efektif tugas-tugas tertentu
  • Keputusan terstruktur telah lama didukung oleh komputer
  • Kelas keputusan terstruktur telah ditangani dengan model matematis Ilmu Manajemen
    • Mendefinisikan masalah
    • Klasifikasikan masalah ke dalam kategori standar
    • Buatlah sebuah model matematika standar
    • Temukan solusi potensial
    • Memilih dan merekomendasikan solusi yang spesifik

Decision Support Systems

  • Dibutuhkan ketika keputusan tidak terstruktur
  • Karakteristik dan Kemampuan
    • Mendukung pengambil keputusan di semua tingkat manajerial
    • Mendukung keputusan saling tergantung dan / atau berurutan beberapa
    • Mendukung semua tahapan pengambilan keputusan dan berbagai proses pengambilan keputusan dan gaya
    • Dapat disesuaikan dari waktu ke waktu untuk berurusan dengan perubahan kondisi
    • Mudah untuk membangun
    • Memanfaatkan model dan link ke data dan basis pengetahuan
    • Jalankan analisis sensitivitas
  • Analisis Sensitivitas
    • studi tentang efek bahwa perubahan dalam satu atau lebih bagian dari model terhadap bagian lain dari model
  • Apa-bila Analisis
    • memeriksa dampak dari perubahan dalam asumsi atau input data lain pada solusi yang diusulkan
  • Goal-seeking Analisis
    • menemukan nilai dari input yang diperlukan untuk mencapai tingkat yang diinginkan output
  • Komponen dan Struktur DSS
    • Manajemen Data
      • Termasuk database (s) berisi data yang relevan untuk situasi keputusan
    • User Interface
      • Memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan dan memerintahkan DSS
    • Model Manajemen
      • Termasuk perangkat lunak dengan keuangan, statistik, ilmu manajemen, atau model kuantitatif lainnya
    • Manajemen Pengetahuan
      • Memberikan pengetahuan untuk solusi dari masalah; mendukung salah satu subsistem lain atau bertindak sebagai komponen independen

Enterprise Decision Support

  • Sistem Informasi Eksekutif
    • Memenuhi kebutuhan informasi eksekutif
      • Sangat terbatas waktu
      • Perlu untuk memantau dan mengidentifikasi tren bermasalah
      • Perlu eksternal maupun internal informasi
    • Akses yang cepat ke data yang diperlukan untuk eksekutif
    • Sangat mudah user interface
    • sangat grafis
    • Sering berhubungan dengan layanan informasi online (misalnya, Dow Jones Berita Retrieval)
    • menggabungkan email
    • Kemampuan EIS
      • menelusuri
      • Faktor penentu keberhasilan dan indikator kinerja utama
      • Status akses
      • trend analisis
      • Ad hoc analisis
      • Exception pelaporan
      • cerdas EIS
      • Integrasi dengan DSS; aksesibilitas web
  • Decision Support Systems Group
    • Memfasilitasi solusi keputusan semistructured dan tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan
    • Membantu kelompok menjadi produktif dengan mengurangi beberapa perilaku kelompok negatif
    • Mendukung proses kelompok dengan mendorong generasi ide, meningkatkan komunikasi, dan menerapkan alat-alat analisis yang diperlukan untuk masalah
  • GDSS Implementasi
    • Face-to-face pertemuan – keputusan kamar ‘khusus dibuat dengan komputer dan perangkat lunak terkait GDSS, penggunaan difasilitasi oleh pemimpin terlatih
    • ‘Perang kamar’ Perusahaan – informasi yang ditampilkan secara grafis dan analisis dilakukan untuk semua untuk melihat
    • Dukungan untuk tim virtual – alat tim kolaboratif untuk tim geografis, diskusi dukungan, kalender, polling, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php