Fernando RJ Simbolon

Wireless and Mobile

Posted: November 23rd 2012

Kali ini saya akan mencoba membuat resume tentang wireless and mobile.Berikut hasilnya.

Wireless device merupakan perangkat akses nirkabel, koneksi komputer ke internet atau perangkat lain . Contoh : PDA,Handphone, Smartphone.Perangkat tersebut memiliki daya komputasi yang cukup untuk melakukan koneksi dengan internet atau komputer lain secara wireless.Perangkat tersebut memiliki standar untuk melakukan koneksi dengan perangkat lain yang disebut dengan WAP(wireless application protocol).WAP adalah protokol atau aturan yang bisa membuat suatu komunikasi berjalan lancar. Dalam melakukan browser , Mobile device biasanya menggunakan microbrowser yaitu internet browser dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja pada memory yang kecil.

Pada wireless technology juga ada dikenal pager yaitu seseorang dapat mengirim kan pesan kepada orang lain. Akan tetapi pager memiliki kelemahan yaitu komunikasi yang dibangun hanya dapat dilakukan satu arah saja.

Terdapat beberapa macam wireless transmission media(media transmisi wireless) yaitu:
1. Microwave transmission system : biasanya digunakan untuk komunikasi jarak jauh dan volume tinggi dan komunikasi point to point.
2. Satellite transmission yaitu komunikasi dengan menggunakan transmisi satelit.
3. Footprint
4. Broadcast transmission yaitu transmisis yang dapatmentransmisikan data ke banyak perangkat.

Beberapa teknologi wireless saat ini :
– GPS (global positioning system) : yaitu sistem atau perangkat yang dapat menetukan posisi mereka di bumi.
– Internet over satellite: yaitu memungkinkan pengguna untuk mengakses internet melalui satellite GEO.
– Radio : yaitu pengiriman data seca langsung dengan menggunakan frekuensi gelombang radio.

Standar dari suatu wireless computer network and internet access ditentukan oleh IEEE. Contoh dari Wireless network adalah bloetooth, Personal Area Network (PAN), Zigbee, Wireless Local Area Networks(WLANs).Yang termasuk kedalam WLANs adalah Wifi dan WiMax. Perbedaan antara Wifi Dengan Wimax adalah luas jangkauan wireless dan transfer rate nya. Dimana Wimax memiliki jangkauan yang lebih luas dan transfer rate yang lebih besar dibandingkan dengan Wifi.

Dengan adanya wireless teknologi maka makin memudah menusia dalam melakukan Mobile commerce. M-Commerce adalah hampir sama dengan E-commerce . Perbedaannya terdapat perangkat yang digunakan dalam melakukan M-commerce adalah perangkat mobile. Contoh dari m-commerce adalah financial service,mobile banking,micropayments,mobile wallets,wireless bill payment.

Telemetry application adalah transmisi nirkabel dan penerimaan data yang dikumpulkan dari sensor remote.Contohnya :Teknisi dapat menggunakan telemetri untuk mengidentifikasi masalah pemeliharaan peralatan.

Beberapa anacaman dalam wireless adalah :
– Rogue access point adalah suatu akses poin yang tidak sah tetapi berpura-pura menjadi akses poin yang dapat dipercaya.
– War driving adalah suatu akses poin yang bergerak
– Eavesdropping pada upaya oleh pengguna ilegal yag mencoba untuk mengakses data.

Demikian lah sedikit resume tentang wireless dan mobile.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php