Fernando RJ Simbolon

Computer Software

Posted: October 1st 2012

Kali ini saya akan mencoba membahas tentang Computer Software dan bagian-bagiannya.Kita tahu tanpa Software , Komputertidak dapat berjalan dengan baik. Software biasa juga disebut dengan program adalah kumpulan dari instruksi yang digunakan untuk menjalankan hardware komputer.Dan proses pembuatan program disebut sebagai programming. Software komputer terdiri dari 2 bagian, yaitu System Software dan Application Software.

Apa itu System Software??? System Software bisa disebut dengan software yang mengontrol aktivitas hardware dan berkomunikasi dengan software aplikasi. System Software juga memfasilitasi pengembangan program,testing,dan debugging. System Software bersifat independen.Artinya, System Software tidak dipengaruhi oleh aplikasi sofware.System software pada zaman sekarang ini umumnya dapat bekerja secara multitasking,multithreading, timesharing,dan multi processing.
System software dibagi lagi menjadi 2 yaitu system control program dan system support program. Sytem support program contohnya adalah System utility, sedangkan Sytem control program contohnya adalah operating system. Operating system adalah System yang memantau operasi pada komputer serta mengalokasikan CPU time dan memory untuk menjalankan program.

Kemudian apa saja yang sebut dengan Application Software??? SYStem aplikasi adalah splikasi yang digunakan secara spesifik untuk mengerjakan suatu masalah. Contohnya adalah spreadsheet,wordprocessing, data management,dll.

Dalam pemilihan suatu software, kita peru mempertimbangkan beberapa hal yaitu:
1. Tidak memakan banyak hardware
2. Cocok untuk lingkungan saat ini
3. Mudah digunakan
4. Dapat di kembangkan
5. System administratif tool tidak banyak yang bug
Beberapa pertimbangan diatas sangat diperlukan dalam pembelian sebuah software untuk memaksimalkan kinerja kita dan juga kinerja komputer.

Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.

Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).

Baiklah teman teman ,sekian dulu pembahasan saya . Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Apabila ada kekurangan, mohon masukannya lewat koment. Trimakasih….


2 responses to “Computer Software”

  1. Many thanks for sharing this first-class piece. Very interesting ideas! (as always, btw)

  2. You lost me, buddy. I mean, I imagine I get what youre declaring. I recognize what you’re saying, but you just seem to have forgotten about that you can find some other people in the world who see this issue for what it really is and may perhaps not agree with you. You may be turning away a lot of persons who might have been lovers of your blog site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php