Fernando RJ Simbolon

Computer Hardware

Posted: September 23rd 2012

Computer terdiri dari 2 componen yaitu software dan hardware.Kedua komponen berjalan saling berdampingan dan saling membutuhkan satu sama lain.  Baiklah kali ini kita akan membahas tentang computer hardware . Coba anda sebutkan apa saja yang disebut dengan computer hardware ! Sebagian orang mungkin akan menjawab monitor,CPU, Keyboard,Mouse,Dll. Jawaban yang memang tepat. Tapi kali ini ita akan membahas tentang komponen-komponen Computer hardware secara lebih detail lagi.

Komponen-komponen dari Computer hardware(perangkat keras komputer) terdiri dari :

  1. Input device
  2. Output device
  3. System Unit
  4. Storage
  5. Comunication/Network

Apa itu input device ? Input device adalah Sebuah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau pun instruksi kedalam komputer . Input device yang biasa kita jumpai contohnya: keyboard,mouse,joystik, microphone,dll. Selain itu ada juga input device berupa  sensor, kamera, atms,optical scaners.

Output device adalah komponen hardware yang dapat menyampaikan informasi kepada user/operator. Data/informasi yang di sampaikan dapat berupa grapic,audio,video,dan text.Contoh dari output device adalah monitor,speaker,printer,dll.

Kemudian apa saja yang menjadi komponen dari system unit? System unit (mother board) terdiri dari 2 kompnen yaitu:

  • Cenral Processing Unit (Processor): melaksanakan apa yagn diperintah oleh user kepada komputer.
  • Memory:menyimpan sementara data/instruksi yang diberikan kepada komputer.

Selanjutnya adalah Storage(media penyimpanan).Storage digunakan untuk menyimpan informasi yang berguna untuk kedepannya. Storage media adalah media untk menyimpan data,intruksi,dan informasi.Sedangkan Storage device adalah device yang berguna untuk menyimpan dan membaca data,informasi,dan intruksi dari Sotrage media.

Comunication/network adalah kumulan dari beberapa komputer uang bekerja secara bersamaan.Contoh dari network media adalah cabel,satellite,telephone lines, dan cellular radio.

Bagaimanakah sebuah instruksi,data atau informasi diubah kedalam bentuk biner atau sebaliknya?

  1. User memasuk data melalui input device .
  2. Sebuah signal electronic dari data tersebut dikirimkan kedalam system unit
  3. Electronic signal tersebut kemudian diubah kedalam kode biner di system unit dan disimpan di memory untuk di proses.
  4. Setelah di proses,kode biner tersebut di konversi kedalam bentuk audio,video, image, atau text dan ditampilkan di output device.

Baiklah teman-teman ,, sekian dulu pembahasan saya tentang computer hardware,semoga bisa bermanfaat. Trims


One response to “Computer Hardware”

  1. LedHoorce says:

    Coraz dokładniej przesyłki kurierskie myślisz i mówisz o przeniesieniu swojej działalności do internetu? Świetna decyzja! Otwierasz przed sobą szansę dotarcia do o wiele potężniejszej dozy przyszłych odbiorców, pomniejszasz koszty prowadzenia interesu i możesz oczekiwać na to, że Twój asortyment rozejdzie się o wiele żwawiej.
    Ażeby jednakże osiągnąć triumf, potrzebny jest Ci odpowiednio stworzony sklep internetowy. Wiemy znakomicie, że w sieci internetowej osiągalnych jest dziś wiele narzędzi bezpłatnych sklepów, ich wydajność jest jednakże przesyłki kurierskieczęsto ograniczona. Jeżeli natomiast interesuje Cię sklep z prawdziwego zdarzenia, który będzie w pełni profesjonalny, powinieneś skorzystać z pomocy profesjonalistów, którzy naszkicują go i zbudują od fundamentów.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php