Fernando RJ Simbolon

Peran IT dalam DUNIA BISNIS

Posted: September 10th 2012

Guys, Disini saya akan coba share apa yang saya ketahui tentang apa saja peran IT dalam dunia bisnis.Semoga bisa bermanfaat.

Teknologi informasi sangat cepat berkembang dan akan terus berkembang. Teknologi informasi sekarang mulai dan sudah memiliki peran yang cukup besar dalam dunia bisnis/perusahaan. Terutama dalam melakukan networking, misalkan saja dalam melakukan kerja sama bisnis.

Sebuah perusahaan akan sangat membutuhkan IT dalam pergerakannya.Tentunya karena adanya tekanan berupa tuntutan dari pasar,sosial,dan IT yang terus berkembang. Seperti yang kita tahu, IT adalah penggunaan komputer untuk mengelola suatu masalah. Mulai dari mengumpulkan,mengolah,hingga membuat keputusan dalam mengatasi suatu masalah.

Bagaimana cara IT melakukan perannya di dalam dunia bisnis? Penerapan IT dalam dunia bisnis adalah meliputi 3 Fundamental Concepts yaitu:

  1. Dibidang infrastruktur IT                 : Mulai dari penggunaan Computer Hardware & Software, Jaringan, hingga database.
  2. Defines Integration                          : Berupa operation, documentation, hingga maintanance dalam melakukan bisnis.
  3. Architecture Information                  : Berupa penyimpanan data/informasi atau biasa disebut database. Disini juga  dilakukan pengorganisasian data/informasi. Beberapa  bagian-bagian dari database misalnya:

-Data warehouse           : Gudang data

-Data Maining                  :Menggali data yang lebih bermakna

-dll.

Beberapa contoh penggunaan IT dalam dunia bisnis adalah:

  1. Transaction Processing System : Alat yang dapat mambantu dalam menyimpan, memproses, dan melukan bisnis sederhana. Contohnya: Print of sale, Survey system, Agent asuransi.
  2. Management Information System: mengolah data yang telah diinput,memprediksi, hingga membuat kesimpulan dari data/informasi yang telah di proses.Dalam tahap ini terjadi proses Access,organize,summarize,dan display informasi.
  3. Office Automatic System: Berupa pengecekan otomatis,misalnya:Proses scanning LJK.
  4. Decision Support System: Membantu level manajemen untuk membuat keputusan.
  5. Intelligent Support System: Membantu kemampuan mempelajari history. Dan hasilnya adalah terlihatnya trend transaksi.
  6. End User Computing: Orang yang menggunakan hasil dari suatu system.
  7. Knowledge Management System: Suatu hasil pekerjaaj yang diukur secara kualitatif dan kuantitatif.
  8. Mobile Computing: Sistem Informasi yang mendukung para pengguna untuk bekerja secara berpindah-pindah.
  9. Chief Information Officer:Kepala Sistem Information Dalam Organisasi.

Dari contoh penggunaan IT dalam bisnis diatas, dapat dilihat bahwa bisnis tidak dapat lepas dari IT.Dan IT akan terus berkembang sejalan dengan zaman yang terus berkembang.

Demikian beberapa peran IT dalam Dunia Bisnis yang dapat saya paparkan .Semoga dapat bermanfaat sebagai bahan refensi saudara. Sekian dan sampai bertemu pada refensi yang selanjutnya.TRIMS


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php