felixblog

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: December 2nd 2012

Perangkat Wireless merupakan perangkat nirkabel yang berukuran kecil sehingga memudahkannya untuk dibawa, memiliki daya komputasi yang baik dalam melakukkan tugas-tugas produktif seperti cek e-mail, dan mengedit Microsoft office, serta dapat berkomunikasi secara nirkabel ke internet maupun perangkat lain.  Wireless Application Protocol (WAP) yaitu standar devices yang dikontrol dalam koneksi internet dengan bandwidth yang kecil.

MIcrobrowser dan Pager merupakan contoh dari teknologi wireless. Micro browser  merupakan browser versi mini yang digunakan pada perangkat mobile, sedangkan pager merupakan one way wireless mesagging. Pager merupakan pesan berbentuk text yang bentuknya hanya 1 arah. Penerapan wireless dalam kehidupan sehari-hari di antaranya pada intrabisnis, aplikasi berbasis lokasi, aplikasi pengobatan jarak jauh, dan telemetry

Jenis satelit berdasarkan orbitnya yaitu Geostationary Earth Orbit (GEO) yang berposisi di 22300 miles, Medium Earth Orbit (MEO) yang berposisi di 6000 miles, dan Low Earth Orbit (LEO) yang berposisi di 400 -700 miles. Internet Over Satellite (IOS) mengijinkan users mengakses internet via satelit GEO. GPS merupakan sistem wireless  yang digunakan satelit untuk memudahkan pengguna menjelaskan posisi mereka dimana saja diatas bumi, yang didukung 24 shared satelit worldwide. Assted Global Positioning System cara kerjanya menggunkan provider selular untuk bisa menentukan posisinya dengan radius hanya 3 km, akurasinya rendah bahkan bisa tidak akurat sama sekali.

Mobile Computing merupakan koneksi nirkabel antara perangakat mobile dan lingkungan komputasi lain seperti internet mobile computing  memiliki 2 karakteristik utama yaitu mobilitan dan jangkauan yang luas  Mobile computing mengacu pada real-time. M-commerce mengacu pada transaksi e-commerce tanpa kabel, terutama via internet. Perkembangan m-commerce dipengaruhi oleh keberadaan alat mobile, tidak butuh PC.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php