felixblog

Internet, Intranet, Ekstranet

Posted: November 11th 2012

Internet adalah jaringan komputer terbesar di dunia.Pertukaran Informasi menjadi lebih mudah dengan Internet, karna sifatnya yang terbuka, standar non-eksklusif dan protokol, dalam jaringan interkoneksi (saling terhubung).  Infrastruktur internet disediakan oleh penyedia layanan jaringan. Internet dapat diakses melalui LAN server, Serial Line Internet Protocol/Point Protocol (SLIP/PPP), atau melalui Online Service (AOL, MSN). Internet menawarkan berbagai macam service, diantaranya E-Mail, Web, File Transfer, Chat, Message Board, dan Instant Messaging. 

Intranet adalah sebuah jaringan internal yang menggunakan TCP/IP untuk membagi dan menyebarkan informasi organisasi yang menggunakan intranet kepada karyawannya, sehingga  dapat dikatakan kalu intranet merupakan sebuah internet pribadi yang dimiliki suatu perusahaan atau organisasi. Keuntungan menggunakan intranet yaitu dalam proses pengaksesan data suatu organisasi oleh karyawannya dapat secara mudah di lakukan.

Extranet tidak berbeda jauh dengan intranet, namun layanan extranet tidak hanya mencakup kalangan internal, seperti karyawan suatu perusahaan, tapi juga bagi pengguna external/di luar perusahaan. Extranet  memberikan akses yang mudah pada informasi perusahaan dan easy collaboration bagi mitra bisnis Penggunaan extranet memberikan banyak keuntungan diantaranya  biaya komunikasi lebih rendah, komunikasi yang lebih baik, peningkatan order entry dan layanan pelanggan dan peningkatan efektivitas bisnis.

World Wide Web atau biasa disebut WWW, merupakan sebuah aplikasi yang menggunakan fungsi transportasi internet. WWW memiliki standar yang diterima secara universal untuk menyimpan, mengambil, memformat, dan menampilkan informasi melalui arsitektur client / server. WWW berstandar HTML – standar hypertext bahasa yang digunakan di Web. WWW menangani macam-macam bentuk media seperti teks, hypermedia, grafik, dan suara.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php