felixblog

Managing Data and Information

Posted: October 6th 2012

Struktur Traditional file menimbulkan banyak data management problems diantaranya adalah Data Redudancy, dimana terdapat data yang sama yang di temukan di beberapa tempat, Data Inconsistency yatu salinan data tidak lagi sama karna ada beberapa data yang tidak terupgrade saat suatu data diubah, Security sulit mengakses ke berbagai data pada berbagai aplikasi, Data Isolation data pada file data dari beberapa aplikasi sulit di akses dan integrasikan, Application/Data Dependence aplikasi dikembangkan berdasarkan bagaimana data di simpan. Dari berbagai masalah yang ada, Data Manajemen Sistem (DBMS) dapat membantu mengatasinya.

 

Database Manajemen Sistem (DBMS) berfungsi sebagi pelindungi untuk pengguna dari keharusan untuk mengetahui lokasi dari data , pengguna hanya mengetahui cara yang logis itu diselenggarakan. DBMS memiliki beberapa komponen diantaranya yaitu Data Model , Data Definition Language(DDL) yang berfungsi untuk menentukan isi dan struktur dari basis data,  Data Manipulation Language(DML) yang berfungsi untuk isi query dari informasi database,  serta Data Dictionary yang mendefinisikan elemen data dan karakteristik data .Database Manajemen Sistem memiliki beberapa keunggulan diantaranya Peningkatan strategi penggunaan data,  Mengurangi kompleksitas Sistem Informasi,  Mengurangi redundansi data dan inkonsisten,  Peningkatan integritas data,  peningkatan keamanan,  mengurangi pengembangan dan biaya pemeliharaan,  dan peningkatan akses data.

Logical data model merupakan kemampuan manajer untuk menggunakan database tergantung pada bagaimana database yang terstruktur secara logis dan fisik. Dengan menggunakan model tersebut, perancang bisa membangun logical atau conceptual view dari data yang di implementasikan ke semua basis data dan semua DBMS. Ada 3 model data umum yaitu hirarkis, jaringan dan penghubung.

 

Saat organisasi membangun struktur DB yang baik, pengambilan keputusan dan pengetahuan akan meningkat melalui data warehouses dan penggunaan data mining tools. Hal ini dikarenakan data warehouse merupakan system basis data yang dirancang untuk pengambilan keputusan, pengguna bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan (queries) terkait dengan penekanan pada pengorganisasian data yang baik oleh data warehouse, data yang disimpan adalah data saat ini dan data masa lalu, detil dan rangkuman data. Data mining sendiri berfungsi mengekstrak pengetahuan dari data warehouse dan menggunakan algormitma tingkat tinggi untuk menemukan pola tersembunyi, korelasi, dan relasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php