felixblog

COMPUTER SOFTWARE

Posted: September 29th 2012

Software dapat dikategorikan menjadi System Software dan Application Software. System Software merupakan intruksi yang bertugas mengelola sumber daya hardware. System Software dibagi menjadi dua yaitu System Control Program dan System Support Program. System Control Program berfungsi mengontrol atau mengelola semua sumber daya dan system operasi, contohnya yaitu OS (Operating System) dimana OS mengawasi keseluruhan operasi pada computer. System Support Program bertugas mendukung penggunaan semua sumber daya dan system operasi, contohnya yaitu System Utilities yang memonitor performa dan keamanan computer.  Application Software adalah program yang melakukan kegiatan pengolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas dari pengguna seperti multimedia, desktop publishing, graphics dll.  Jenis Application Software yaitu Proprietary Application Software dan Off-The Self Application Software.

Bahasa pemrograman menyediakan sarana bagi manusia untuk memberikan petunjuk computer. Bahasa computer merupakan bahasa yang dimengerti computer yang terdiri dari digit biner (0s, 1s). Dari waktu ke waktu bahasa pemrograman terus dikembangkan agar mudah dimengerti manusia. Bahasa komputer / bahasa pemrograman yang selalu berkembang dari generasi ke generasi untuk manusia agar komputer melakukan perintah yang diinputkan manusia

Software tidak dapat dikembangkan dengan cepat, sementara bisnis terus berkembang dengan cepat. Aplikasi perangkat lunak melakukan fungsi bisnis yang spesifik sehingga Perusahaan yang mampu mengembangkan software lebih cepat akan mendapat keuntungan untuk bersain di dunia bisnis yang dinamik seta mengimbangi perkembangan pesat hardware. Dengan ketertinggalan software suatu perusahaan akan membatasi kemampuan Information System. 80% kerja orang IT adalah memelihara software yang telah ada, presentas yang lebih besar dari pengenmbangan aplikasi baru, sebab semakin kopleks program yang dikembangkan akan meningkatkan bugs. Untuk melakukan testing dan debugging memerlukan biaya yang cukup mahal dan perlu waktu yang lama pula. Masalah Software terdiri dari evaluasi dan seleksi Software. Faktor seleksi antara lain: ukuran dan lokasi dari pengguna utama, alat sistem administrasi, biaya awal dan biaya selanjutnya, kemampuan sistem saat ini dan selanjutnya, lingkungan komputasi yang tersedia, dan keterampilan teknik in-house.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php