felixblog

Computer Hardware

Posted: September 22nd 2012

Perangkat keras computer atau biasa disebut computer hardware merupakan bagian dari computer yang memiliki fungsi untuk menjalankan computer serta memproses intruksi data input atau data-data yang di masukan serta menghasilkan output. Komponen-komponen perangkat keras dari Sistem Informasi yaitu CPU (Central Processing Unit), Memory, Input Device dan Output Device.

Motherboard yang merupakan papan sirkuit utama di dalam system unit memiliki 2 komponen utama, yaitu  Central Processing Unit atau sering disebut Processor dan  Memory. CPU berfungsi untuk menjalankan intruksi dan memberitahu apa yang harus dilakukan computer, sedangkan memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data/intruksi.

CPU/Central Processing Unit secara umum pada dasarnya CPU ada 3 yaitu Control Unit, Register dan ALU, namun dalam CPUterdapat komponen-komponen utama yang diantaranya yaitu Processor, Memory, Adapter cards (Sound card, Modem card, Video card & Network card), Ports, Drive boys dan Power Supply. Control Unit memiliki fungsi sebagai pengakses intruksi program, dan mengalirkan data di system, jalur aliran data tersebut disebut buses. ALU (Aritmatic Logic Unit) bertugas melakukan proses komputasi dan komparasi data. Register merupakan area penyimpanan berkecepatan tinggi untuk menyimpan data dan intruksi.

Machine Instruction Cycle
Instruksi diambil dari penyimpanan utama oleh Control Unit untuk kemudian Control Unit mengkodekan intruksi  ->  ALU Menerima data dan instruksi dan melakukan perhitungan atau perbandingan -> Hasilnya disimpan dalam penyimpanan utama.

Meskipun input atau intruksi yang kita masukkan melalui tahap yang cukup panjang namun computer memprosesnya dengan sangat cepat sehingga kita dapat mengakses ouputnya dengan cepat.

Memory merupakan perangkat hardware yang berfungsi untuk menyimpan intruksi, ada 2 jenis memory yaitu primary memory dan secondary memory. Primary memory adalah tempat penyimpanan sementara yang medidalamnya terdapat tiga hal yaitu Informasi yang anda kerjakan, perangkat lunak aplikasi yang anda gunakan dan perangkat lunak sistem operasi. Primary Memory hanya tempat pentimpanan sementara sehingga kita tidak dapat mengakses langsung data yang disimpan disini. Secondary memory merupakan memory yang menyimpan data-data yang dapat kita akses.

Perangkat Input adalahkomponenperangkatkeras yang digunakanuntukmemasukkan data atau instruksi. Duajenismasukanadalah Data (diprosestekd,angka,gambar,audiodan video) dan  Instruksi (Program, perintah, pengguna tanggapan.) PerangKeluaran adalah data yang diolahmenjadibentuk yang bergunaatau yang disebutinformasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php