Tahapan Fitting Alat Bantu Dengar Terbaru

tahapan fitting alat bantu dengar

Tahapan fitting alat bantu dengar seperti banyak penyakit medis, proses untuk mengatasi gangguan pendengaran bisa memakan waktu lama. Gangguan pendengaran memerlukan diagnosis yang tepat, dicapai melalui serangkaian tes, memilih alat bantu dengar yang tepat dan memastikan alat bantu dengar dipasang dengan benar.

Pemasangan alat bantu dengar adalah salah satu langkah terpenting dari proses tersebut. Penunjukan, yang dapat berlangsung antara satu dan dua jam, sering kali melibatkan empat langkah.

Beberapa tahapan fitting alat bantu dengar

  1. Menilai Kecocokan Alat Bantu Dengar
    Langkah pertama fitting dalam penunjukan pemasangan alat bantu dengar adalah penilaian kecocokan fisik instrumen. Penting untuk memastikan alat bantu dengar pas di dalam saluran telinga dengan nyaman, untuk membantu menarik orang untuk memakainya. Audiolog Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk memastikan Anda yang pas, tahapan fitting alat bantu dengar memang bukan hal yang mudah, tetapi tidak terlalu ketat di dalam saluran telinga. Mengenakan alat bantu dengar seharusnya tidak menyebabkan rasa sakit.
  2. Pemrograman Pengaturan Alat Bantu Dengar
    Seperti kebanyakan teknologi, alat untuk mendengar membutuhkan pemrograman. Perangkat Anda bersifat generik tetapi akan diprogram agar sesuai dengan jenis dan tingkat gangguan pendengaran Anda, serta kebutuhan gaya hidup Anda. Audiolog akan memprogram perangkat, biasanya dengan komputer, dan melakukan penyesuaian seperlunya.
  3. Tahapan Fitting Menguji Akurasi
    Setelah audiolog memprogram alat bantu dengar, mereka perlu menilai bahwa alat bantu dengar tersebut diprogram secara akurat. Untuk melakukannya, Anda akan menjalani satu tes lagi, yang disebut tes pengukuran telinga atau probe yang sebenarnya. Selama penilaian ini, tabung mikrofon kecil akan ditempatkan di saluran telinga, bersama dengan alat bantu dengar. Nada atau ucapan akan diputar untuk Anda tanggapi; dari tanggapan, audiolog akan dapat menentukan seberapa baik alat bantu dengar disetel untuk jenis dan tingkat gangguan pendengaran Anda.
  4. Belajar Tentang Alat Bantu Dengar Anda
    Sebelum meninggalkan pemasangan alat bantu dengar Anda, ahli audiologi Anda akan menginstruksikan Anda tentang cara menggunakan, merawat, dan memelihara alat bantu dengar Anda. Anda akan mempelajari cara menyisipkan, menghidupkan/mematikan alat bantu, dan cara memulai program atau fitur khusus apa pun. Selain itu, Anda akan tahu cara membersihkan dan merawat alat bantu dengar Anda dengan benar untuk memastikan umur panjang perangkat. Terakhir, Anda akan belajar cara memeriksa dan mengganti baterai.

Baca Juga : Alat bantu dengar powertone

Pada akhir pemasangan alat pengeras suara , Anda harus memahami bagaimana alat bantu dengar Anda bekerja untuk Anda dan bagaimana Anda dapat memastikan alat itu terus bekerja dengan baik selama bertahun-tahun yang akan datang.

Audiolog Anda juga akan memberi Anda jadwal untuk memakai alat bantu baru Anda dan juga akan menjadwalkan janji temu lanjutan untuk memastikan alat bantu itu terus bekerja dengan baik untuk Anda.