Jenis dan Macam Ukuran Container Berdasarkan Muatannya

Berikut jenis-jenis peti kemas (container) menurut International Standar Organization (ISO) yang dapat dibagi ke dalam 5 jenis.

Macam Ukuran Container

Beragam jenis kontainer yang fungsi atau kegunaannya berbeda, kontainer adalah seperangkat alat berat yang didalamnya berbentuk seperti gudang kecil di fungsikan khusus untuk memuat barang dengan kuantitas yang sangat besar yang akan memudahkan nya untuk dibawa oleh kendaraan dari satu tempat ke tempat yang lain, atau dari negara satu ke negara lainnya.

Karena memiliki keunggulan seperti aman, fleksibel, afektif banyak orang yang menggunakan kontainer ini untuk ekspor dan impor. Dalam pengangkutan ini perlu di taati peraturan administrasi yang dilakukan sesuai hukum wilayah negara masing-masing sehingga terhindar dari barang ilegal.

Dengan menggunakan kontainer barang yang akan di pindahkan dari tempat satu ke tempat lainnya tidak akan terlalu rumit pemuatan barangnya, dan selain itu memiliki waktu yang efisien dan juga kondisi keamanan barang terjamin dari kerusakan.

Dari penjelasan diatas, ternyata  banyak sekali macam-macam kontainer yang bisa digunakan sesuai kegunaan dan barang yang akan dikirim, dan dari sini juga kita bisa tahu begitu komplek jenis-jenis kargo atau kontainer dan kegunaannya seperti contoh kontainer militer, kontainer logistik, kontainer office.

Jika kalian tertarik membuat rumah atau kantor dari kontainer anda bisa mengunjungi website pabrikcontainer.com yang menyediakan produk kontainer yang siap di desain sedemikian rupa menjadi hunian yang kalian dambakan.

Seperti penjelasan diatas beragam macam kegunaan kontainer, banyak sekali perusahaan atau Industri yang meggunakan jasa layanan kontainer ini untuk menunjang aktivitas distribusi produk usaha ke tujuan masing-masing yang akan dijamin barang datang ke tempat tanpa kekurangan atau kerusakan yang tidak di inginkan.

Macam-macam Kontainer Berdasarkan Muatan

Kontainer ini sebenarnya memiliki standard dimension dan keistimewaan dalam hal penanganannya  dan adapun macam-macam kontainer berdasarkan ukuran standarnya adalah sebagai berikut:

Jenis Jenis Kontainer

1. Dry Storage Container

Jenis kontainer yang pertama kali ini akan di bahas adalah kontainer general Purpose Container atau juga dikenal sebagai Dry Storage ContaIner, dan mungkin kalian sudah tidak asing jika melihat kontainer ini karena kontainer ini adalah jenis yang paling sering digunakan.

Mereka datang dengan berbagai dimensi yang telah di standarisasi oleh ISO. Biasa digunakan untuk pengiriman bahan kering yang biasanya datang dalam ukuran 10 ft, 20 ft, dan 40 ft.

Memiliki dinding yang sepenuhnya tertutup sehingga kontainer ini terlindung dan tahan terhadap unsur-unsur cuaca. Konatainer Dry Storage sejauh ini merupakan jenis yang sudah paling umum digunakan.

Dengan demikian, container ini biasa digunakan untuk memuat atau mengangkut sebagian besar jenis kargo yang normal, selain itu kontainer ini dapat memiliki adaptasi seperti Liner bags atau Flexi-tank untuk beberapa jenis pengiriman kargo curah cair atau kargo curah kering.

2. Flat Rack Container

Kontainer ini memiliki beberapa sisi lipat yang dapat dilipat untuk membuat rak datar. Dengan sisi yang dapat dilipat, kontainer pengiriman sederhana dimana sisi bisa dilipat sehingga membuat rak datar untuk berbagai macam pengiriman.

Dinding end cukup stabil untuk memungkinkan pengamanan kargo barang, sehingga kontainer ini lebih ideal untuk pengiriman barang-barang besar

Barang besar yang sering dimuat adalah seperti mesin-mesin berat, kendaraan, gulungan besar, dan bahan kontruksi. 40 ft flat rak kontainer pengiriman yang cocok untuk membawa sebanyak 45 metrik ton kargo.

3. Open Top Kontainer

Jenis yang satu ini adalah kontainer ini memiliki convertible yang dapat benar-benar dihilangkan. Jenis kontainer ini paling cocok untuk kargo yang lebih tinggi yang tida dapat dengan mudah dimuat melalui pintu. Penggunaannya adalah untuk mesin tinggi atau produk yang lebih tinggi atau berat.

Cocok dengan barang yang penanganannya hanya dapat dilakukan dengan derek. Kontainer ini memiliki cincin yang dipasang untuk rel sisi atas dan bawah dan sudut posting untuk mengamankan barang muatan, dan juga tersedia dalam 20 ft dan 40 ft.

Dengan adanya atap yang convertible ini  yang dapat benar-benar dapat dibuka untuk membuat bagian atas terbuka sehingga barang yang lebih tinggi dapat dikirimkan dengan mudah.

4. open side storage kontainer

Kontainer ini menyediakan pintu yang bisa benar-benar bisa membuka sisinya yang memberikan ruang yang lebih luas untuk memuat barang.

Open Side Storage Kontainer ini sangat mirip dengan kontainer pengiriman reguler, jika di bandingkan dengan general Purpose Kontainer, satu satunya perbedaan yaitu bahwa pintu yang dapat dibuka sepenuhnya di area sampingnya. Kontainer ni menyediakan fitur ruang yang lebih luas dan memiliki akses , yang membuat bongkar muat barang menjadi lebih mudah.

Kontainer ini umumnya hanya tersedia dalam ukuran 20 ft dan 40 ft, dan juga memberikan ruang yang memadai untuk mengangkut barang-barang yang ekstra besar yang tidak bisa masuk melalui pintu kontainer biasa.

5. Double Doors Kontainer

Dengan memiliki pintu di kedua ujung wadah pengiriman, jenis kontainer ini juga dikenal sebagai kontainer terowongan karena memiliki pintu ganda yang membantu untuk bokar muat barang menjadi lebih cepat, dan kontainer ini memiliki ruang yang lebih luas untuk barang-barang seperti baja dan besi.

Karena memiliki dua set pintu dengan penguncian perakitan yang sama dan segel ketat untuk menjaga kargo dilindungi dari unsur-unsur cuaca.

Kontainer ini adalah jenis unit penyimpanan yang disediakan dengan dua pintu sehingga memuat ruang lebih luas untuk bongkar muat barang. Barang konstruksi seperti baja,besi dll dalam ukuran yang sudah standar seperti 20 ft dan 40 ft.

Mungkin cukup sekian uraian artikel tentang jenis kontainer beserta fungsi atau kegunaannya, semoga bermanfaat.