Cara Dekorasi Rumah Minimalis dengan Gaya Vintage

Rumah adalah tempat untuk beristirahat dengan nyaman dan berkumpul bersama orang tersayang. Bahkan ada beberapa orang yang membuat dekorasi unik, salah satunya vintage yang memiliki kesan jadul dan tetap mewah. Tetapi bagaimana cara melakukan dekorasi rumah minimalis dengan gaya vintage?

Gaya vintage diibaratkan seperti konsep gaya klasik yang memiliki kesan mewah dan besar. Sehingga ada tantangan tersendiri jika ingin memiliki desain tersebut tetapi ruangan pada rumah tidak terlalu besar. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk membuat gaya vintage pada rumah minimalis.

1. Ketahui penggunaan ruangan

Rumah minimalis dikenal dengan memaksimalkan ruangan pada rumah. Sehingga untuk gaya vintage yang ingin dilakukan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah ketahui penggunaan ruangan.

Setiap ruangan memiliki fungsinya masing-masing, misalnya ruang tamu, ruang keluarga, kamar, dapur, dan lainnya dengan perabotan yang berbeda.

Jika sudah mengetahui gaya vintage ingin diletakkan pada ruangan yang mana, bisa membantu kamu untuk melakukan desain.

Ruangan pada rumah bisa diberikan gaya vintage yang asli dengan melakukannya pada seluruh ruangan, atau bisa digunakan hanya untuk beberapa ruangan saja agar ada kesan yang berbeda.

2. Gunakan warna dinding yang tepat

Pemberian warna cat pada dinding bisa memberikan kesan yang berbeda pada ruangan. Warna vintage bisa menggunakan warna yang terlihat tua agar kesan jadul terlihat. Jika ingin terlihat ruangan dengan kesan bangunan jadul dan nyaman untuk seluruh keluarga bisa menggunakan warna beige dan rustic brown.

Tetapi jika ingin memberi kesan vintage dan unsur ceria, cobalah dengan warna hijau seperti telur asin atau warna kuning yang sedikit ebih cerah. Warna dinding ini cocok untuk pemilik rumah dengan jiwa muda.

3. Penggunaan furnitur yang sesuai

Setelah mengetahui cat dan kegunaan dari ruangan, cobalah menyocokkan furnitur dengan warna yang cocok pada dinding. Furnitur vintage lebih memiliki warna yang cenderung agak gelap, seperti cokelat, merah, atau abu.

Cobalah untuk memberikan kesan kayu atau kulit pada sofa, karena kedua bahan tersebut juga identik dengan vintage.

Selain itu, ruangan juga bisa ditambahkan dengan hiasan yang menarik seperti cermin bulat, bingkai foto, atau lampu hias yang bergaya vintage.

Jangan memiliki hiasan dengan ukuran yang terlalu besar, karena bisa membuat ruangan terlihat lebih sempit dan sesak.

Itulah 3 cara dekorasi rumah minimalis dengan gaya vintage yang bisa diterapkan dan menambah kenyamanan bagi pemilik dan tamu. Gaya ini juga cocok untuk kamu yang suka berfoto karena memberikan kesan berbeda dengan dekorasi unik.