mendadakBLOG

Sekilas mengenai sungai

Posted: May 14th 2013

Air merupakan sumber daya alam yang diperlukan bagi hidup dan kehidupan, tidak hanya manusia tetapi juga bagi makhluk hidup lain beserta lingkungannya. Ketersediaan air bervariasi baik jumlah maupun mutunya. Fungsi dan manfaat sumber daya air, termasuk air sungai memerlukan berbagai upaya peningkatan dan perlindungan air agar berdaya guna dan berhasil guna.

Sejalan dengan pesatnya pertambahan penduduk dan peningkatan kegiatan pembangunan, maka kebutuhan air juga semakin meningkat baik di daerah perkotaan maupun pedesaan. Kebutuhan air yang meningkat mendorong penguatan nilai ekonomi dibanding nilai sosial atas air. Kondisi tersebut berpotensi menimbulkan konflik kepentingan antar sektor, antar wilayah, antar berbagai pihak yang terkait dengan sumber daya air.

Di Indonesia, krisis air yang terjadi pada musim kemarau telah sampai pada titik yang mencemaskan baik dikota besar maupun di desa yaitu karena kekurangan air. Sumber daya air yang meluap pada musim hujan, kondisi air sungai yang tercemar limbah cair dan padat (sampah) diberbagai tempat juga merupakan permasalahan serius yang dihadaapi oleh pemerintah dan masyarakat dalam mengatur pengelolaan sumber daya air.

Messi Verianta

Mahasiswa Teknobiologi UAJY


2 responses to “Sekilas mengenai sungai”

  1. KSDL buah says:

    ditambahkan jumlah atau persentasi ketersediaan air, pasti lebih baik dan informatit 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php