Eva Mayadila

Wireless, Mobile Computing, and Mobile Commerce

Posted: December 11th 2012

Hai teman”…… jumpa lagi dengan sayaaa

kali ini saya akan men-share resume tentang “Wireless , Mobile Computing , and Mobile Commerce”  yuuukkk lihat dibawah ini :

 

Wireless Technologie : sebuah perangkat nirkabel yang populer berkaitan dengan internet , dan perangkat yang memiliki jaringan yang dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan internet atau dengan perangkat lainnya.

  • WAP ( Wireless Aplication Protocol ) : sebuah standart yang mengijinkan perangkat wireless dengan layar yang kecil, dengan koneksi bandwidth rendah, dan memory terbatas bisa mengakses informasi dan layanan yang berbasis web.
  • Microbrowsers adalah browser internet dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam memory dan kapasitas bandwith internet terbatas.
  • Pager adalah satu arah, nirkabel sistem pesan, yang mengingatkan kepada pengguna ketika menerima pesan masuk.

Wireless Transmission Media :

  • Microwave transmission systems : banyak digunakan untuk volume tinggi, komunikasi jarak jauh, dan  point-to-point.  Point-to-point memiliki dua karakteristik: pertama, pemancar dan penerima harus dalam pandangan satu sama lain (disebut line-of-sight), Dan kedua, transmisi itu sendiri harus ketat diarahkan dari pemancar ke penerima.
  • Satellite transmission : Sistem menggunakan satelit komunikasi, tiga jenis satelit, masing-masing dalam orbit yang berbeda:
    ->Geostationary (GEO) : mengorbit 22.300 mil tepat di atas khatulistiwa dan mempertahankan posisi tetap, baik untuk sinyal TV.
    ->Medium-earth-orbit (MEO) : yang terletak 6.000 kilometer di atas permukaan bumi dan bergerak, digunakan untuk GPS dan lebih murah.
    ->Low-earth-orbit (LEO)  : adalah 400 sampai 700 mil di atas permukaan dan bergerak lebih cepat sehingga mereka memerlukan banyak memiliki cakupan yang memadai, penggunaan untuk telepon.
  • Footprint : Area permukaan bumi yang dijangkau oleh transmisi satelit-mengatasi keterbatasan dari microwave data realy stations
  • Propagation delay : suatu jeda sesaat pada transmisi dari satelit GEO yang mengganggu pembicaraan pada two-way telephone.

GPS (Global Positioning System : sistem wireless yang menggunakan satelit yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui posisi mereka.

IOS (Internet Over Satellite) mengijinkan user internet melalui GEO satellite dari antena yang terpasang di rumah/lokasi user.

Wireless mempunyai kelebihan di bidang produktifitas, kepercayaan dan mengurangi cost dibandingkan antara lain:

Mobility : dengan sistem wireless LAN, pengguna dapat mengakses informasi real-time dimana pun.Mobility mendorong produktivitas dan keuntungan pelayanan dibandingkan wired network.
Installation Speed and Simplicity : instalasi sistem wireless LAN lebih cepat dan mudah serta dapat meminimisasi penggunaan kabel.
Installation Flexibility : teknologi wireless memungkinkan jaringan dipasang ditempat dimana wired network tidak bisa dipasang.

Scalability : sistem wireless LAN dapat dikonfigurasi dalam beberapa macam topology tergantung kebutuhan aplikasi dan instalasi. Konfigurasi dapat dengan mudah diubah dari peer-to-peer network yang cocok untuk jumlah pengguna yang sedikit sampai pada full infrastruktur network dengan ribuan pengguna

 

 

Sekian resume dari saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Selamat membaca 😉


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php