Eva Mayadila

Ethics, Impact and Security

Posted: November 20th 2012

Sekarang saya akan membahas tentang Ethics, Impact and Security. Sebenarnya apa sih makna etika dalam sebuah IT itu sendiri? Mari kita membahasnya….

Etika merupakan suatu hal yang berkaitan dengan kesopanan. Etika sendiri didalam dunia IT terbentuk dari suatu budaya dan aturan-aturan. Ada beberapa tipe dari etika secara umum yaitu :

(1) Privasi yaitu yang berkaitan dengan bagaimana suatu informasi itu didapatkan, diolah, dan dibagikan

(2) Akurasi yaitu yang berkaitan dengan kekuatan dan keaslian suatu data

(3) Properti yaitu yang berkaitan dengan hak atas kekayaan intelektual

(4) Accessibility yaitu bagaimana perlakuan kita terhadap suatu ciptaan (jika tidak memiliki hak mengakses, artinya jangan diakses)

Di bidang IT masih banyak orang yang melanggar suatu aturan tersebut,  khususnya pada internet. Ketika hal itu terjadi, maka yang perlu diperhatikan adalah PRIVASI. Informasi privasi sendiri merupakan cara bagaimana suatu informasi dapat diakses oleh orang-orang yang memiliki hak untuk mengakses atau tidak dapat diakses oleh sembarangan orang. Hal ini bertujuan agar suatu informasi tetap terjaga keamanannya, selain itu juga agar suatu informasi benar-benar ditujukan pada suatu hal tertentu.

 

Didalam intelektual property issues terdapat istilah-istilah sebagai berikut :

(1) Trade secret yaitu informasi yang hanya dimiliki oleh seseorang

(2) Patent yaitu yang menemukan

(3) Copyright merupakan suatu hak cipta

Ada dua kaitan Security concerns :

– Unintetional , berasal dari pihak lain, Contoh : manusia memberikan informasi yang salah.

– Lingkungan , bencana alam , Contoh : kesalahan dari komputer sendiri (cacat produk)

IT berhubungan langsung dengan suatu organisasi. IT juga sangat berhubungan dengan suatu pekerjaan, dimana dengan IT suatu pekerjaan dapat menjadi lebih mudah. Tapi apabila IT sudah menjadikan seseorang suatu kebutuhan, hal ini tentu saja akan membuat orang menjadi cenderung untuk bekerja sendiri, dan kurang berinteraksi dengan lingkungan luar.

 

Adapula Kejahatan Komputer ( secara etika salah ) yaitu :

– Mencuri suatu data

– Memberikan program yang bisa merusak sistem

-Dos Attact

Sebenarnya kejahatan-kejahatan tersebut dapat dicegah, baik melalui individual, organisasi, pengontrolan aplikasi, pengontrolan jaringan, pengontrolan perlindungan umum, rencana pemulihan. Dan IT sendiri juga mempunyai pengamanan tersendiri seperti :  Individu dan organisasi yang harus mengaktifkan keamanan ke sistem , General protec , Aplikasi control.

 

 

Sekian pembahasan ringkasan materi tentang Ethics, Impact and Security. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan blogs ne. Sekian dan terima kasih. Sampai Jumpa 😉

 

6864_A


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php