Eva Mayadila

Electronic Commerce

Posted: November 20th 2012

 

Helo teman-teman, kali ini saya akan mengulang materi yang berjudul Electronic Commerce. Langsung saja saya mulai…

 

Dalam sejarahnya Electronic Commerce yaitu dimulai pada awal tahun 1970-an (jauh sebelum internet terbuka untuk penggunaan komersial). E-Commerce terbatas untuk perusahaan-perusahaan tertentu.  E-commerce berupa Electronic Fund Transfer (EFT) and Electronic Data Interchange (EDI). Adapun ruang lingkup yang terdapat pada Electronic Commerce yaitu berupa pengiklanan, home banking, berbelanja di toko-toko elektronik dan mal, membeli saham, mencari pekerjaan, melakukan lelang, berkolaborasi secara elektronik dengan mitra bisnis di seluruh dunia, dan menyediakan layanan pelanggan. Definisi dari Electronic Commerce adalah proses pembelian, penjualan, atau bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama Internet. E-commerce  juga dapat didefenisikan dari prespektif yaitu :

1. Communications

2. Business process

3. Service

4. Online

5. Collaborations

6. Community

Didalam E-commerce juga terdapat :

(1) Tradisional commerce (semua dimensi yang fisik ) yang merupakan proses tranksaksi yang dilakukan secara  :

  • Brick-and-mortar organizations
  • Old-ekonomi organisasi (perusahaan)
  • Semua bisnis dilakukan off-line
  • Menjual produk fisik dengan cara agen fisik

(2) Pure commerce (semua dimensi besifat digital atau elektronik), pada tahap ini sudah melakukan :

  • Organisasi yang benar-benar bekerja secara online(virtual)
  • Bentuk organisasi ekonomi yang baru
  • Menjual produk atau jasa hanya secara online.

(3)  Partial E-Commerce (campuran dimensi digital dan fisik). Proses transaksi perdagangan dilakukan secara :

  • Klik dan mortar organisasi
  • Melakukan kegiatan e-commerce
  • Melakukan kegiatan bisnis utama mereka di dunia fisik

 

EC vs E-Business

E-business adalah defenisi yang lebih luas dari e-commerce yang meliputi tidak hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga pelayanan pelanggan, bekerja sama dengan mitra bisnis, melakukan transaksi elektronik dalam sebuah organisasi, dan pure vs partial EC : didasarkan pada tingkat digitalisasi produk, proses dan agen pengiriman.

Adapun tipe-tipe dari e-commerce antara lain :

  • Business-to-business EC (B2B)
  • Collaborative commerce (c-commerce)
  • Business-to-consumer EC (B2C)
  • Consumer-to-businesses (C2B)
  • Consumer-to-consumer (C2C)
  • Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  • Government-to-citizens (G2C) and others
  • Mobile commerce (m-commerce)

Electronic Marketplaces

  •  Pasar memfasilitasi pertukaran :
    • Informasi
    • Barang
    • Layanan
    • Pembayaran
  • Pasar menciptakan nilai ekonomi bagi :
    • Penjual
    • Pembeli
    • Pasar perantara
    • Masyarakat pada umumnya

Electronic Markets vs. Inter-organizational Systems

E-markets

=> Memiliki karakteristik dimana pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan :

    • Barang
    • Layanan
    • Uang
    • Informasi

Inter-organizational Information Systems (IOS)

=> Memiliki karakteristik dimana terjadi diantara 2 organisasi atau lebih, pemrosesan transaksi dilakukan secara rutin, dan adanya arus informasi.

EC Framework

=> Aplikasi EC yang didukung oleh infrastruktur dan 5 daerah dukungan

  • Orang-orang
  • Kebijakan publik
  • Standar teknis dan protokol
  • Mitra bisnis
  • Dukungan layanan

 

Persyaratan Electronic Commerce

=> Infrasturktur- meliputi hardware, software, dan jaringan yang diperlukan untuk melakukan transaksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

=> Mekanisme pembayaran elektronik :

–   Elektronic checks

  • Nasabah membuka rekening dengan bank
  • e-mail pelanggan yang dienkripsi cek elektronik ditandatangani dengan tanda tangan digital

–  Electronic credit cards

  • Unencrypted payments – e-mail atau nomor kartu kredit pembeli kepada penjual di Internet
  • Encrypted payments – Rincian kartu kredit dienkripsi untuk keamanan

–  Electronic cash in PC

  • Bank menyediakan software khusus untuk konsumen
  • pelanggan membeli ” electronic money” dari bank melalui perangkat lunak
  • bank mengirimkan catatan uang elektronik untuk pelanggan ini, mendukung dengan tanda tangan digital
  • uang yang disimpan pada pembeli’s PC dan dapat dihabiskan di setiap toko elektronik yang menerima e-cash
  • Perangkat lunak ini juga digunakan untuk mentransfer e-kas dari pembeli’s komputer ke penjual’s komputer
  • penjual baik deposito e-cash di bank atau menggunakan e-cash untuk melakukan pembelian di tempat lain

–  Elektronik kartu pembayaran dengan e-cash

  • Kartu Kredit dengan menggunakan strip magnetik
  • Kartu menyimpan informasi tentang uang tunai prabayar yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran

–  Smart card

  • Kartu dengan mikroprosesor dapat menyimpan informasi lebih banyak

–  Person-to-person payment systems

  • Transfer dana antar individu (PayPal)

–  Electronic Funds Transfer (EFT)

  • Transfer elektronik uang ke dan dari lembaga keuangan menggunakan Telecomm. jaringan

–  Elektronic wallets

–  Pembelian kartu

  •  Security

–   Encryption : suatu proses pembuatan pesan terbaca kecuali oleh mereka yang memiliki kunci dekripsi berwenang

  • Single-kunci enkripsi
  • Publik / swasta kunci enkripsi
  • Kunci publik infrastruktur

–  Electronic Certificates

–  Secure Socket Layer (SSL)-protokol yang digunakan untuk mengenkripsi pesan

–  Secure Electronic Transaction Protocol (SET) – protokol untuk pengolahan kartu kredit

Dijaman sekarang ini yang serba modern E-commerce sudah banyak diterapkan didalam bidang jual beli yang dilakukan secara online, diantaranya :

  • Pembelian tiket pesawat secara on-line
  • Pembelian pulsa listrik di indomaret secara on-line yang pengisiannya menggunakan 20 digit token
  • Belanja on-line dapat melalui website toko bagus

Sekian pembahasan ringkasan materi tentang Electronic Commerce. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata dalam penulisan. Sekian dan trima kasih. Sampai jumpa 😉

Eva_6864_A


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php