Eva Mayadila

Computer Software

Posted: September 27th 2012

Hari ini kita akan membahas tentang “COMPUTER SOFTWARE”. Mau tau apa itu sih computer software ??? yuk baca pembahasan dibawah ini….. 🙂

                                 Software merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Beberapa fungsi software antara lain :

  • mengatur Input atau Output (I/O) dari PC
  • menyediakan dan mengatur serta memerintahkan hardware agar dapat berjalan dengan baik
  • menjalankan perintah-perintah tertentu seperti menggambar, memutar musik atau film.

Software akan selalu berkembang terus menerus itu karena suatu tuntutan dan kebutuhan manusia. Perkembangan software lebih mengacu pada perkembangan hardware dan kebutuhan lingkungan bisnis. Didalam sebuah software yang paling penting untuk diperhatikan adalah dalam segi perawatannya (maintenance), karena sifat software yang rapuh dengan berbagai maslah “bugs” atau error.

  • Debugging -> untuk memeriksa masalah
  • System Software -> sebuah intruksi yang menghendel resources hardware.
  • Application Software -> intruksi untuk memilih tujuan tertentu.

Adapun dasar suatu software yaitu :

  • Computer programs : merupakan kumpulan dari instruksi yang akan dilaksanakan oleh komputer.
  • Stored program concept : merupakan program yang sudah disimpan dalam komputer.
  • Programming : Proses untuk membuat program.
  • Programmer : Orang yang bertugas membuat program.

System Software memiliki sifat :

  • perangkat lunak yang memberikan suatu layanan aktivitas komputer.
  • mempunyai fasilitas yang Testing and Debugging.
  • mampu berkomunikasi dengan software applikasi untuk melakukan suatu fungsi tertentu.
  • sistem software merupakan independent dari suatu aplikasi tersebut.

                           

                              Computer Software dibagi menjadi 2, yaitu :

  • System Control Programs  =>berfungsi untuk mengontrol sumberdaya sistem (perangkat lunak, keras atau Operating System (OS)

Fungsi OS :

1) Untuk mengendalikan dan mendukung kemampuan software  dan hardware.

2) Untuk mengontrol program atau sebagai penerjemah user ke hardware.

3) Memfasilitasi suatu pengembangan program, pengujian, dan debugging

4) Sebagai pengontrol utama dari sebuah program

5) Mengawasi keseluruhan operasi komputer

6) Mengalokasikan waktu CPU dan memori utama untuk menjalankan program di komputer

Manajemen Proses dari OS :

1) Multitasking atau Multiprogramming –> membuka dua software aplikasi secara bersamaan. Contoh : membuka dan menggunakan Ms.Word dengan mendengarkan lagu.

2) Multireading –> satu aplikasi terbuka, tetapi banyak yang menggunakan aplikasi tersebut.

3) Timesharing –> CPU dipakai untuk input dan output dengan port atau terminal yang berbeda atau berbagi waktu untuk menggunakan CPU. Misal dalam CPU, terminal digunakan untuk printer, mouse, keyboard,  dan speaker. Jadi dalam satu CPU, terdapat banyak kabel hardware tertentu yang tertancap pada port masing-masing untuk output atau input.

4) Multiprocessing –> proses yang dilakukan secara terus-menerus dengan CPU.

5) Virtualmemory –> memori maya yang terdapat dalam komputer, memori yang berkapasitas lebih besar dari memori sebenarnya.

6) File management and security–> manajemen pengaturan file di hardisk.

7) Fault tolrence –> sistem dapat memproduksi hasil yang benar dan melanjutkan pengoprasian bahkan jika ada kesalahan atau error.

8) User Interface –> mempersilahkan user untuk memberi petunjuk lewat icon yang sudah tersedia dan OS mengganti bahasa user menjadi bahasa komputer.

Contoh dari Operating Systems : UNIX, LINUX, Macintosh OS, Windows.

  • System Support Programs => software buatan yang mempunyai fungsi spesifik. contohnya :  Sistem Utilities : sistem ini Melakukan tugas umum: menyortir catatan, memeriksa integritas disk, menciptakan direktori dan subdirektori, memulihkan file tidak sengaja terhapus, mencari file yang tersimpan, mengelola penggunaan memori, dan mengarahkan output.  Tipe dari software aplikasi : 1) Proprietary application software : Mengerjakan tugas kebutuhan bisnis yang unik dan khusus untuk sebuah perusahaan. Bisa dibilang sebuah software pesanan dari perusahaan oleh seorang programmer. 2) Off-the-self application software : Software yang dijual umum oleh vendor pembuat. (Contoh : Adobe, Autocad, Microsoft Office).  3) Open Systems: Sebuah produk komputasi yang bekerja sama dengan desainer untuk memilih perangkat keras komputer terbaik, sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasi tanpa mengkhawatirkan kompabilitas. 4) Open Source Systems : Software yang dijual secara bebas, dan FREE jika kita mendownload lewat internet.

                                       Application Software : program ini melakukan kegiatan pengolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas pengguna. Program ini memiliki type Proprietary Application Software => yang dikembangkan secara spesifik untuk suatu perusahaan tertentu. Off-The-Shelf Applicatio Software => yang dikembangkan secara umum.

Software Issue => didalam software evaluation and selection memiliki 5 bagian yaitu :

  • Selection Factors : memiliki ukuran dan tempat tidak terlalu boros untuk hardware, berguna sebagai alat bantu untuk mengelola sistem administrasi, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar dalam pembelian hardware, memilih program yang bisa dikembangkan, mudah digunakan tanpa ada pihak lain yang membantu, dan dapat beradaptasi dengan lingkungan.
  • Software Licensing : medapatkan izin untuk melakukan atau menggunakan copy right.
  • Software Upgrade : memperkecil error atau bugg.
  • Open System : suatu sistem yang memungkinkan penggunanya dapat mengkonfigurasi sendiri hardwarenya. Umumnya terdapat lebih dari 1 komputasi.
  • Open Source Software : boleh dikembangkan oleh siapapun, resourcenya bersifat terbuka.

Programming Language adalah bahasa yang memungkinkan orang untuk memberitahu kepada computer akan apa yang harus dikerjakan. Ada 5 tipe bahasa pemrograman, yaitu Mechine Language => bahasa generasi pertama, merupakan bahasa yang terdiri atas angka binner (0 dan 1). Merupakan satu-satunya bahasa yang dimengerti oleh computer. Assembly Language =>bahasa yang merupakan korespondensi satu-satu dari bahasa mesin dengan 1 perintah dalam 1 bahasa. Bahasa ini lebih user friendly dibandingkan bahasa mesin. Procedural Language => bahasa yang hanya memberikan 1 instruksi ke dalam bahasa mesin. Program yang mendeskripsikan proses computer langkah demi langkah. Ada 2 macam, Compiler yang menerjemahkan seluruh program sekaligus dan interpreter yang menerjemahkan dan mengeksekusi satu pernyataan sumber program pada satu waktu. Bahasa ini menggunakan kata yang lebih umum. Nonprocedural => sebuah bahasa yang memungkinkan pengguna dalam menentukan hasil yang diinginkan tanpa harus menentukan prosedur rinci yang diperlukan untuk mencapai sebuah hasil. Contohnya adalah data base bahasa query – SQL. Bahasa ini dapat digunakan oleh pengguna non teknis. DanIntelligent Language => Bahasa Intellegent enerjemahkan bahasa alami ke dalam struktur, yaitu bahasa yang dapat dibaca oleh mesin. Bahasa ini sangat kompleks dan eksperimental.

Sekian pembahasan dari saya, semoga materi yang saya bahas hari ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kalian. Selamat Membaca 😀

Terima Kasih

Eva Mayadila_120706864_A


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php