Eva Mayadila

Hardware Components

Posted: September 17th 2012

Hari ini kita akan membahas tentang hardware components. yuk kita baca sama apa sih hardware itu? dan apa saja componentsnya?

Perangkat keras (hardware) adalah perangkat yang secara fisik dapat dilihat dan diraba, yang membentuk suatu kesatuan, sehingga dapat difungsikan. Berdasarkan kegunaannya, perangkat keras (hardware) digolongkan ke dalam empat bagian utama, yaitu: perangkat input, CPU, perangkat output, memory.  Perangkat input adalah perangkat yang kita gunakan untuk memasukan data dan instruksi. contohnya :  1.Keyboard => Perangkat yang mempunyai tuts seperti pada mesin tik, yang dilengkapi beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi, seperti tombol fungsi F1, F2, F3, dst, tombol Delete, tombol Esc, tombol Insert, dan sebagainya. 2. Mouse => perangkat yang berfungsi menggerakkan pointer, menunjuk perintah atau program, seperti pada desktop lavar monitor. 3.  => alat untuk mendukung berbagai program permainan (game) komputer.Joy Stick. Memory merupakan tempat untuk menyimpan data dan istruksi, dan terdiri dari 2 jenis yaitu:
Primary Storage => menyimpan info, aplikasi, software. contohnya: Register -> sangat cepat, sangat terbatas kapasitasnya. RAM -> data akan hilang ketika daya hilang. ROM ->menyimpan data secara permanen. dan Cache Memory.
Secondary Storage => bersifat non valatile<data tidak akan hilang ketika daya hilang>, kapasitasnya lebih besar dari primary storage, kecepatannya lebih lambat, lebih murah, lebih jarang diakses oleh CPU. contohnya: Hardisk=> perangkat komputer yang berfungsi menyimpan data dalam kapasitas besar. Flashdisk => media penyimpanan yang sangat praktis.

                       CPU (Central Processing Unit), merupakan alit atau unit terpenting di dalam sistem komputer. Tugas utamanya ialah mengontrol sistem komputer (hardware dan software) selama pengolahan data berlangsung. CPU juga tersusun dari beberapa komponen yaitu: 1.Processor => sebuah chip (mikroprocessor) yang merupakan otak dan pusat pengendali berbagai perangkat komputer, sehingga dapat bekerja satu sama lain. 2. Memory => perangkat yang berfungsi mengolah data dan instruksi. Semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun instruksi yang dapat diolahnya. 3.Adapter Card =>sebuah papan sirkuit cetak yang dapat disisipkan ke sebuah slot adapter dari motherboard komputer untukmenambahkan sebuah fungsi tertentu. 4 Ports => mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. 5. Drive bays =>slot yang biasanya terdapat pada bagian atas depan pada PC Case yang berfungsi sebagai tempat untuk harddisk, floppy drive, maupun drive optik (optical disk drive). 6. Power Supply => perangkat yang berfungsi menvalurkan arus listrik ke berbagai perangkat CPU. Perangkat ini memiliki lima konektor atau lebih, yang dapat disambungkan ke berbagai perangkat. seperti motherboard, harddisk, floppy disk drive. CD ROM, dan sebagainya.

                              Perangkat Output adalah perangkat yang berfungsi untuk menyampaikan data-data dari perangkat input seperti, teks, grafik, audio, dan video. contoh :

1. Monitor => alat yang berfungsi menampilkan data atau informasi dalam bentuk teks dan grafik.

2. Printer => Beberapa Jenis Monitor :
CRT adalah jenis monitor berbentuk tabung, karena Sony, LG, Samsung, Philips, View Sonic, Vistec, Proview, GTC, SPC, menggunakan tabung display.    Galaxy, dan sebagainya.

3. Speaker => Flat penel/LCD (Liquid Crystal Display) adalah jenis monitor yang memiliki permukaan datar, ukuran ringkas, dan konsumsi daya sangat rendah.

4. Headphone

 

 

Sekian pembahasan “Hardware Components” dari saya. Semoga bermanfaat tuk menambah pengetahuan kalian. Dibaca yah 😀

Terima Kasih

 

Eva Mayadila_120706864_A


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php