Eva Mayadila

IT In The Business Enveroment

Posted: September 10th 2012

Hari ini kita akan bahas tentang “IT IN THE BUSINESS ENVEROMENT”

  Information Infrastructure : Elemen yang membuat suatu informasi itu diproses. Information Architecture : Elemen yang dirangkai sedemikian rupa dari customer hingga sampai ke clients. Istilah dalam informasi sistem: Transaction Processing System -> Mendukung suatu kegiatan sehari-hari dengan cara mengolah data lalu memroses datanya. Management Information System  ->Fungsi Utama : mengolah data-data yang sudah ditransaksikan, bisa juga digunakan sebagai alat bantu melihat trend / memprediksikan sesuatu (bukan dari user langsung yang melakukan)                     ->Menurut Pengertiannya : System => suatu susunan yang teratur dari kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan dengan susunan prosedur-prosedur yang saling behubungan, yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan- kegiatan organisasi/institusi. Information => data yang telah diperoses/diolah sehinga memiliki arti atau manfaat yang berguna. Data = fakta-fakta, angka-angka atau statistik yang dari padanya dapat menghasilkan kesimpulan. Management  => sebagai PROSES,manajemen adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama atau melibatkan orang lain demi mencapai tujuan yang sama. Sebagai SUBYEK,manajemen adalah orang (atau orang-orang) yang melaksanakan kegiatan tersebut. Management Information System => jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu sistem (terintegrasi) dengan maksud memberikan informasi (yang bersifat intern dan ekstern) kepada manajemen sebagi dasar pengambilan keputusan.

Support System -> Suatu sistem yang digunakan untuk membantu level managerial untuk membuat keputusan yang lebih kompleks. Support system dibagi menjadi 2 : Executive Information managers => yang digunakan untuk managerial atas / top, misalnya digunakan oleh seorang direktur. Group Support System => kumpulan orang-orang untuk mengambil suatu keputusan. Intelligent Support System (ISSS) -> Suatu sistem yang bisa memberikan keputusan, yang memiliki kemampuan untuk mempelajari histori, dan untuk menggali data dari awal sistem itu digunakan sampai membuat keputusan. End-user Computing -> Orang-orang yang menggunakan suatu hasil proses sistem. Knowledge Management System -> Suatu hasil pekerjaan pada suatu perusahaan yang digunakan untuk tolak ukur kuantitatif.

Data Warehouse -> Suatu sistem yang digunakan sebagai gudang data / bertujuan mengoleksi semua data yang telah ada maupun data yang telah disimpan. Mobile Computing -> Mobile => Bergerak. Computing =>Proses penghitungan (komputasi). Sehingga pengertian dari mobile computing : proses melakukan komputasi yang dapat dilakukan secara berpindah-pindah. Chief Information Officer (CIO) -> mengepalai suatu informasi dalam suatu perusahaan.

 

Sekian ringkasan dari saya bila ada yang kurang mohon untuk dimaafkan. Terima Kasih :)

 

Eva Mayadila_120706864_A

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php