Blog UAJY Erny

Ragam dan jenis musik populer yang harus kamu tahu

Posted: April 6th 2020

Musik adalah salah satu bagian terpenting dalam kehidupan. Lewat musik kamu dapat menyampaikan intuisi perasaan dalam diri. Namun, fungsi musik sebenarnya menjadi elemen penting untuk menghibur diri dalam berbagai keadaan.

jenis musik

Dilansir dari situs stafaband-76.com Perkembangan musik yang semakin pesat membuat banyak jenis musik yang populer. Bahkan, saat ini di Indonesia sendiri sudah terdapat berbagai jenis atau genre musik yang populer dan banyak digemari. Masing-masing dari jenis musik ini dianggap memiliki karakter yang sangat berbeda.

Berikut ini ada beberapa jenis musik populer yang bisa kamu nikmati seperti:

Pop
Musik Populer atau umum disebut musik Pop ialah sebuah genre musik yang ada semenjak tahun 1950-an. Sebagai genre musik, pop betul-betul eklektik, tak jarang meminjam elemen dari gaya-gaya musik lain termasuk urban, dance, rock, latin dan country. Musik pop lazimnya dianggap sebagai sebuah genre yang komersial sehingga memiliki penggemar yang lumayan besar.

Rock
Ini ialah genre musik populer yang mulai dikenal secara umum pada pertengahan tahun 1950-an. Perkembangannya diawali dari rhythm and blues, musik country dari tahun 1940 dan 1950-an serta bermacam akibat lainnya. Musik rock juga diketaui mengambil gaya dari bermacam musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik. Ragam musik ini juga dianggap betul-betul populer dan Indonesia juga memiliki banyak band rock tenar.

Jazz
Ragam musik lainnya ialah Jazz. Ini ialah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat dan mulai ada semenjak abad ke-20. Musik Jazz awalnya berasal dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz banyak menerapkan gitar, trombon, piano,trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz ialah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.

Dangdut
Tentu saja variasi musik ini ialah genre seni musik Indonesia yang mengandung elemen-elemen musik Hindustan atau India klasik, Melayu, dan Arab. Banyak orang menganggap bahwa Dangdut ialah variasi musik yang memiliki sisi orisinalitas lebih banyak dari Indonesia. Wujud musik ini berakar dari Qasidah yang terbawa oleh Agama Islam yang masuk Indonesia tahun 635 – 1600. Namun seiring perjalanan waktu, semenjak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam wujudnya yang kontemporer. Hal yang lerbih menarik lagi ialah, variasi musik Dangdut juga betul-betul populer dan terbuka kepada karakter musik lainnya. Bahkan, hingga kini telah banyak kolaborasi yang bisa dirasakan dengan dasar musik dangdut.

Reggae
Opsi variasi musik lainnya ialah Reggae. Ini ialah variasi musik yang awalnya dikembangkan di Jamaika pada akhir era 60-an. Istilah reggae lebih tepatnya merujuk pada gaya musik khusus yang timbul mengikuti perkembangan ska dan rocksteady. Reggae memiliki tempo lebih lambat daripada ska ataupun rocksteady. Lazimnya dalam reggae terdapat aksentuasi pada ketukan kedua dan keempat pada setiap bar.

Berikut ini ada beberapa jenis musik populer yang bisa kamu nikmati seperti:


Leave a Reply

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php