Blog UAJY Erny

Gadai Sertifikat Tanpa Survey

Posted: March 7th 2020

Selain kehadiran Fintech yang semakin marak untuk menawarkan sejumlah dana pembiayaan dengan pencairan yang mudah dan limit pinjaman yang tinggi, fenomena gadai sertifikat tanpa survey juga semakin marak.

Semakin banyak pihak yang memberikan kemudahan gadai sertifikat tanpa ada survey lebih lanjut. Jika Anda tertarik untuk menggunakan fasilitas gadai tanpa survey itu, ada satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa sertifikat adalah barang berharga.

Jangan sampai disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab. Ada beberapa resiko dalam tindakan gadai sertifikat tanpa survey yang Anda harus tahu. Kenali sebelum menggunakan fasilitas tersebut!

Informasi Tentang Gadai Sertifikat Tanpa Survey

Besar nilai pinjaman yang bisa dicairkan sedikit

Jika kita bandingkan dengan pinjaman yang diberikan oleh bank, kemungkinan besar nilai pinjaman yang dicairkan sangat sedikit. Biasanya dana yang bisa dicairkan tidak lebih dari 50% dari total sertifikat yang diberikan sebagai jaminan.

Hal ini tentunya sangat merugikan debitur yang ingin mendapatkan dana banyak dan pastinya nilai yang diberikan tersebut masih tidak sebanding dengan nilai jaminan yang Anda jaminkan. Padahal jika Anda gadai sertifikat melalui lembaga resmi atau bank, walau dilakukan survey lebih dulu namun mereka bisa memberikan jaminan sampai dengan 75%.

Keamanan sertifikat belum bisa kita ketahui

Resiko selanjutnya adalah soal keamanan. Terlebih jika kita gadai sertifikatnya ke rentenir atau lintah darat. Mereka adalah lembaga tidak resmi yang operasionalnya tidak diawasi oleh pemerintah dan lembaga pengawas keuangan.

Mereka punya sistem yang menguntungkan golongan mereka sendiri dan tidak memikirkan nasib peminjam. Karena itu gadai sertifikat ke rentenir sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Pastikan jika memang harus gadai, memilih tempat yang menjamin keamanan sertifikat Anda dan telah diawasi lembaga keuangan lebih dianjurkan.

Resiko kehilangan sertifikat tanpa perjanjian yang matang

Karena tidak ada perjanjian yang matang atas penggadaian sertifikat di awal peminjaman sejumlah dana, maka ketika Anda tidak sanggup membayar sejumlah uang, resiko kehilangan sertifikat tanpa perjanjian sangat beresiko Anda rasakan.

Untuk itu, Anda harus tahu dan memahami bagaimana tips aman yang bisa dilakukan jika memang Anda butuh uang dan tertarik untuk melakukan gadai sertifikat tanpa adanya survey.

Anda harus benar – benar cermat atas setiap prosedur yang ditentukan oleh sebuah lembaga keuangan. Jangan sampai salah langkah karena salah langkah sedikit berkemungkinan membuat Anda akan kehilangan barang berharga yang sertifikatnya dijaminkan tersebut.

Jadi semua tahapannya harus Anda ikuti sebaik mungkin. Jika ingin lebih aman, gadai sertifikat melalui lembaga keuangan bank yang memang sudah kredible dan diawasi pemerintah sangat dianjurkan. Proses pencairannya memang cukup lama dan belum tentu pengajuan diterima akan tetapi keamanannya juga sangat terjamin.


Leave a Reply

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php