Blog UAJY Erny

Cara Mendidik Anak dalam Islam

Posted: April 20th 2020

Memiliki anak yang soleh dan solehah tentunya menjadi suatu keinginan sekaligus harapan bagi setiap orang tua. Untuk mendidik anak agar soleh dan solehah tentu saja peran orang tua sangatlah penting karena peran orang tua sangat menentukan karakter anak.

Cara Mendidik Anak dalam Islam

Hanya saja tak banyak orang tua yang paham tentang bagaimana cara mendidik anak dalam Islam agar anak hasil didikannya soleh dan solehah sesuai harapan. Karena itu mengenai seperti apa cara mendidik anak dalam Islam yang sesuai, berikut ulasannya yang Anda harus tahu dan pahami! Lets check these out!

Cara Mendidik Anak dalam Islam

Mengajarkan shalat secara kid friendly

Gerakan dan bacaan shalat sangat berkemungkinan akan sulit dipelajari pemula, seperti anak – anak misalnya. Akan tetapi ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk membantu anak dalam memahami makna shalat yang seperti apa.

dikutip dari lektur.id Anda bisa mulai mencoba mengajarkan shalat yang kid friendly kepada anak. Ajak anak Anda untuk menunaikan shalat secara bersama – sama. Akan tetapi jangan pernah Anda paksa dia dan menakut – nakuti dengan berbagai ancaman karena hal tersebut hanya akan membuat Anda melakukan apa yang diperintahkan hanya karena ancaman saja bukan mendidik kesadaran si anak.

Cara yang paling mudah adalah memberikan contoh yang baik kepada anak. Ajak anak supaya pelan – pelan ia bisa menjalankan semuanya tanpa paksaan. Jika memang diperlukan, ajarkan dan berikan contoh kepada anak melalui mainannya. Seperti contohnya boneka yang dibuat secara khusus untuk belajar sholat atau memberikan mainan islami yang lainnya agar lebih mudah diterima buah hati.

Metode pengajaran dengan bercerita pengalaman

Sebagai seseorang yang sudah dewasa, tentu orang tua pasti memiliki lebih banyak pengalaman yang inspiratif dan bisa dibagikan cerita tersebut kepada anak. Anda bisa menceritakan pengalaman yang mengesankan yang dimasuki informasi – informasi islami didalamnya.

Bercerita inspiratif kepada anak bisa menjadi sebuah cara yang sangat mudah untuk membuat mereka senang dan sekaligus mendidik anak agar sesuai dengan ajaran agama Islam.

Mengenalkan tokoh – tokoh Islam

Di era globalisasi seperti sekarang ini tentu saja arus informasi berjalan dengan sangat cepat, luas dan mudah untuk diakses. Begitu juga anak – anak cenderung penasaran dengan berbagai macam hal baru. Untuk mendukung rasa penasaran mereka, menceritakan tokoh – tokoh Islam bisa menjadi hal yang Anda lakukan.

Mulai dari diri Anda sendiri

Jangan Anda mengajarkan sholat dan mengaji namun Anda jarang melaksanakan sholat dan mengaji. Anda harus mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam agar memperkuat iman Anda. Anda harus tahu bahwa anak – anak akan mencontoh atas apa yang Anda ucapkan dan lakukan. Karena itu Anda juga harus menjalankan apa yang Anda ajarkan.

Demikian cara mendidik anak dalam Islam yang Anda harus tahu dan pahami. Semoga ulasan yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan inspiratif.


Leave a Reply

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php