Erik Jilianto

Data, Knowledge and Dicision Support

Posted: December 10th 2012

                Ini adalah materi terakhir dalam semester ini yang akan saya ringkas, dalam materi Data, Knowledge, and Decision Support kita akan mempelajari tentang proses pengambilan keputusan dan bagaimana cara IT mendukung keputusan itu, berbagai jenis decision support, termasuk DSS, EIS, dan GDSS, metode analisis data yang tersimpan, cara menyajikan informasi melalui teknik visualisasi data, dan pengetahuan tentang manajemen dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan sebuah organisasi.

                Kita pasti sering mendengar pertanyaan “Tugas apa yang dilakukan seorang manajer?” tugas dari seorang manajer adalah membuat sebuah keputusan dalam proses pencapaian tujuan, seperti interpersonal roles, informational roles, dan decisional roles. Seorang manajer sangat memerluka IT dalam pekerjaannya karena dengan IT dapat memberikan analisis risiko secara sistematik, dan dapat meneliti berbagai alternatif dengan sangat cepat.

                Kita dapat mendapatkan data dari berbagai sumber data seperti internal data, personal data, dan external data, dan ada beberapa metode pengumpulan data, seperti metode manual, metode yang menggunkan instrumen dan sensor, dan scanning atau transfer. Kualitas sebuah data menentukan kegunaan data dan juga kualitas keputusan yang diambil berdasarkan data ini, karakteristik dari data yang berkualitas tinggi adalah data yang akurat, aman, relevan, timely, lengkap dan konsisten. Kesulitan dalam manajemen data adalah sebagai berikut :

–          Volume data meningkat dengan pesat seiring dengan berjalannya waktu.

–          Banyaknya metode dan alat yang digunukana untuk pengumpulan data.

–          Raw data tersimpan di banyak tempat dan dengan berbagai cara.

–          Hanya ada beberapa data yang relevan dengan situasi tertentu.

–          Banyaknya data ekternal

–          Persyaratan hukum yang mengenai data.

–          Kesulitan memilih alat untuk manajemen data

–          Keamanan data , kualitas, dan intergritas sangat penting.

Tujuan utaman dari pengumpulan data adalah untuk memberkan landasan untuk business inteligence, semua data yang diperlukan untuk membuat keputusan.

                Decision Support Systems menyediakan dukungan terkomputerisasi untuk proses pengambilan keputusan, end-useryang aktif  bekerja dengan data werehouse, dan end-user menerapkan berbagai model untuk mewakili, memahami, dan menyederhanakan situasi keputusan. Yang dimaksud model adalah representasi yang disederhanakan dari sebuah realitas, iconic (scale) models replika fisik dari sebuah sistem, analog model bertindak seperti sistem nyata, tetapi tidak terlihat seperti itu, mathematical (quantitative) model yaitu sebuah model yang kompleks dan berhubungan dan melakukan eksperimentasi, dan mental model yaitu bagaimana seseorang berpikir tentant suatu situasi. Decision Support Systems dibutuhkan ketika suatu keputasan yang diambil tidak terstruktur, berikut adalah karakteristik dan kemampuan dari Decision Suppurt Systems :

–          Mendukung pengambilan keputusan di semua tingakat manajerial.

–          Mendukung keputusan yang saling bergantung/berurutan.

–          Mendukung semua tahapan pengambilan keputusan.

–          Dapat disesuaikan dari waktu ke waktu.

               Enterprise Decision Support adalaha sebuah sistem informasi eksekutif untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi eksekutif. Group Decision Support Systems memfasilitasi solusi untuk keputusan yang semistructured dan tidak terstruktur oleh group decision makers, membantu kelompk menjadi produktif dengan mengurangi beberapa perilaku kelompok yang negatif, dan mendukung proses perkembangan ide, meningkatkan komunikasi, dan menerapkan alat-alat analisis yang diperlukan untuk sebuah masalah.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php