Erik Jilianto

Ethics Impact And Security

Posted: November 15th 2012

Di pembahasan kali ini kita akan membahas tentang dampak, etika, dan keamanan dalam penerapan IT dalam kehipudan kita. Masalah masalah yang akan kita bicarankan disini adalah tentang jenis-jenis masalah etika yang timbul yang berkaitan dengan sistem Informasi, berbagai ancaman yang dapat merusak sebuah sistem komputer dan informasi, dan cara untuk melindungi/menjaga sistem komputer dan informasi dari berbagai ancaman dan bahaya.

Etika dan kode etik dalam IT, pertama pengertian etika adalah sebuah cabang filsafat yang berhubungan dengan apa yang dianggap benar atau salah tentang sesuatu hal/prilaku dan lainnya. Sedangkan kode etik adalah prinsip yang memandu anggota sebuah organisasi. Ada beberapa jenis etika dalam dunai IT yaitu privacy, accuracy, property, accessibilty, information privacy, electronic surveilance, dan storage of personal information in database. Banyak sekali organisasi yang mengembangkan dan menerapkan kebijiakan privasi dan negara-negara juga menaruh perhatian menganai masalah privasi ini. Umumnya, organisasi harus hanya mengumpulkan data yang dapat di peroleh dengan sah dan adil, memastika danta yang akurat, lengkap, dan terus up to date, mengetahui mengapa meraka harus mengumpulakn data dan memastikan ada alasan untuk memilikinya.

IT mempunyai potensi yang besar dalam membuat perubahan untuk organisasi, contohnya memungkinkan pengawasan dari jarak jauh secara elektronik, bahkan untuk meraka yang bekerja jauh sekalipun, struktur yang menjadi lebih sedikit. IT juga sang mempengaruhi dunia pekerjaan, seperti beberapa pekerjaan yang akan hilang, khususnya untuk perantara, misalnya agen perjalanan, dan akan banyak pekerjaan yang di desain ulang karena lebih menerapkan kemampuan komputasi, pengalaman dan senioritas mungkin sudah tidak penting lagi dalam kemajuan sebuah pekerjaan, dan mungkin komputer berbasis keterampilan komunikasi akan lebih diminati.

IT dan masyarakat, beberapa orang akan mengatakan bahwa IT telah meningkatkan kualitas hidup kita, seperti perkembangan untuk penyadang cacat, perkembangan dalam sistem perawatan kesehatan, peningkatan informasi untuk konsumen, kemajuan dalam membrantas kejahatan. Komunitas dalam sebuah internet memberikan pengunanya kontak sosial dan kepentingan umum, telekomunikasi menambah fleksibelitas bagi pekerja dan organisasi.

Keamanan dalam IT juga sangat penting karena banyak sekali kejahatan yang terjadi dalam bidang IT seperti peretasan jaringan komputer, pencurian data, dan lainnya. Ada bebarapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah hal-hal buruk itu,untuk komputer pribadi seperti mengontrol akses kedalam sistem dan melindungi data dari akses yang tidak sah. Untuk sebuah jaringan yang besar untuk pengendaliannya dengan mengontrol akses kedalam sumber daya jaringan, melindungi data pada jaringan dengan enkripsi data tersebut, memantau dan mendeteksi penyusup dan lindungi dengan firewall.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

E-Commerce

Go to post

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php