Erik Jilianto

E-Commerce

Posted: November 6th 2012

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang e-commerce, e-commerce dimulai pada awal 1970-an juah sebelum internet ada dan awalnya hanya terbatas untuk perushaan besar saja, pada zaman sekarang e-commerce sudah mencangkup pengiklanan,berbelanja di toko elektronik dan mal, membeli saham, melakukan lelang bahkan untuk mencari pekerjaan.

Definisi e-commerce(EC) sendiri adalah proses pembelian,penjualan, atau bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet. E-commerce ada tiga yaitu traditional commerce, pure EC, partial EC. Traditional commerce merupakan brick and mortar organizations yang proses pelaksanaannya dilakukan secara offline/pembeli dan penjual saling bertatap muka, merupakan suatu organisasi ekonomi dengan cara lama. Sedangkan pure EC menjual barang-barang atau transaksinya dilakukan hanya secara online/secara virtual. Partial EC merupakan gabungan dari Traditional Commerce dan pure EC. Ada beberapa jenis dari E-Commerce yaitu :

-Business to business EC(B2B)

-Collaborative commerce (c-commerce)

-Business to consumer EC(B2C)

-Consumer to consumer (C2C)

– Intrabusiness (intraorganizational) commerce

-Goverment to citizens (G2C)

– Mobile commerce(m-commerce) dan lainnya

Dan banyak sekali contoh e-commerce yang selalu kita jumpai seperti anda membeli buku online, pembelian barang elektronik secara online, pembelian kendaraan secara online

Jika berbicara tentang E-commerce pasti berhubungan dengan E-Business, dan pasti kita bertanya-tanya apa sih perbedaan dari E-Commerce dan E-Business, E-Business sendiri adalah definisi yang lebih luas dari E-Commerce/EC yang meliputi tidak hanya pada proses jual dan beli barang/jasa saja tetapi juga meliputi pelayanan pelanggan, bekerja sama dengan mitra bisnis, melakukan transaksi elektronik dalam seuah organisasi.

Persyaratan untuk sebuah e-commerce mulai dari infrastruktur yaitu hardware, software, dan jaringan yang diperlukan untuk melakukan sebuah transaksi, berkomunikasi, berkolaborasi, dan jangan lupa hal yang paling penting adalah keamanan.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Telecommunication And Networks

Go to post

Ethics Impact And Security

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php