Erik Jilianto

Telecommunication And Networks

Posted: October 8th 2012

Pada bab ini kita akan mempelajari tentang Telekomunikasi dan jaringan, seperti komponen dasar dari sebuah sistem telekomunikasi, teknologi yang digunakan, berbagai cara untuk mengkonfigurasi jaringan, dan berbagai jaringan yang digunakan untuk bisnis pada zaman sekarang

Pengertian dari computer comunication adalah proses dimana dua atau lebih atau sebuah prangkat untuk transfer data, instruksi, dan informasi. Sistem telekomunikasi adalah sebuah perangkat keras atau lunak yang mentransmisikan informasi dari suatu lokasi ke lokasi yang lain. Komponennya meliputi : (1) Hardware, (2) Media, (3) networks, (4) Perangkat Lunak, (5) komunikasi data penyedia, (6) Protocol, dan (7) applikasi.

Ada beberapa sinyal untuk Telecommunication. Antara lain gelombang analog,gelomang analog merupakan sinyal analog yang terdiri dari lembah dan bukit dan gelombang ini juga dapat menyampaikan karakteristik gelombang berubah-ubah. Dan ada sinyal digital, pada sinyal digital ini,data di sajikan dalam bentuk bilangan  binner dan sangat mudah untuk di pahami. Ada beberapa hardware yang digunakan untuk transmisi data dan penerimaan data, contohnya seperti Modem, Multiplex, dan Front-End Processor.

-Modem : perangkat yang mengubah sinyal analog menjadi digital (dan sebaliknya), memungkinkan transmisi sinyal  melalui sistem telepon.

-Multiplex : sebuah perangkat yang mentransmisikan beberapa sinyal melalui media tunggal.

-Front-End Processor : Komputer yang didedikasikan untuk mengelola tugas tugas komunikasi.

Dalam sebuah saluran komunikasi pasti memerlukan kabel untuk membantu/menyambungkannya, seperti (1) Twisted-Pair wire(kabel telefon) kabel jenis ini dalam segi harga lebih murah dan mudah untuk digunakan, tetapi untuk tingkat keemanan lebih rendah, lambat, serta seringga terjadi gangguan. (2) Cable Coaxial dapat mentrasfer lebih banyak data/lebih cepat, terlindung dari gangguan, tetapi harga lebih mahal dan sulit untuk bekerja dengan keamanan yang rendah. (3) Fiber Optic Cable kabel jenis ini mengirimkan data-data yang akan di transfer menjadi cahaya melalu serat serat optic, kabel ini cepat, berkapasitas tinggi, aman. (4) Microwave berkapasitas tinggi, harga relatif murah untuk kabel. (5) Satelit kapasitas yang sangat tinggi, cangkupan area yang sangat luas, tetapi untuk harga sangat mahal dan membutuhkan enkripsi untuk keamanan. (6) Radio cocok untuk komunikasi jarak pendek, murah, mudah untuk di gunakan , dan kecepatan yang tinggi tetapi tingkat keamanan rendah.

Network/Jaringan adalah alat komunikasi, media, atau perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Ada beberapa jenis jaringan menurut wilayah jangkauannya.

-Local Area Network(LAN) sebuah jaringan yang mencangkup area yang relatif kecil. Contohnya seperti rumah dan gedung perkantoran.LAN menghubungkan komputer dan perangkat lain untuk yang memungkinkan untuk saling berbagi data, berbagai topologi dapat digunakan untuk membuat sebuah LAN dengan keunggulan dan kelemahan tiap-tiap topologi. Sebuah LAN dapat dihubungkan melalui Bridge. Untuk membuat sebuah LAN dibutuhkan Kartu Jaringan/ LAN Card dan kabel/teknologi nirkable lainnya untuk menghubungkannya.

-Wide Area Network(WAN) adalah sebuah jaringan komunikasi data yang tersebar pada suatu area geografik yang besar seperti propinsi atau negara. WAN selalu menggunakan fasilitas transmisi yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi seperti perusahaan layanan telepon. Internet merupakn WAN yang terbesar yang ada di dunia.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Managing Data and Information

Go to post

E-Commerce

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php