Erik Jilianto

Managing Data and Information

Posted: October 2nd 2012

Dalam bab ini kita akan mempelajari dasar dari pengolahan data terminologi, bagaimana cara untuk mengorganisasikan data untuk membuat suatu data base, komponen dari DBMS (Database Management  System), dan bagaimana cara perusahaan memanfaatkan data yang telah meraka simpan.

Data Hierarchy

Suatu database terdiri dari files,  didalam suatu file berisi records, suatu record juga berisi fields, dan didalam fields terdiri dari karakter-karakter. Apa itu Field? Field merukapan kombinasi dari satu atau lebih karakter, merupak unit terkecil dari akses data penguna, suatu ukuran field menentukan berapa jumlah karakter yang dapat diisi disebuah field dan nama sebuah field harus unik tidak ada nama yang sama, contoh field : nama kolom pada suatu tabel, sekelompok kecil kata-kata atau suaru nomer lengkap, sedangkan record adalah suatu pengelompokan dari field terkait, file merupakan pengelompokan dari suatu catatan terkait, dan database adalah pengelompokan logis dari suatu file terkait.

Data Terminology

Entity : orang, tempat, atau suatu peristiwa yang berupa informasi yang dikelola, dan suatu records mengambarkan entitas.

Attribute : setiap karakteristrik atau kualitas mengambarkan suatu entitas tertentu, dan field mengambarkan atribut

Primary key : sebuah field yang unik, contoh pada nomor mahasiswa,no KTP, sebuah field harus unik suapaya tidak tertukar atau terjadi eror.

Secondary key : key yang tidak unik/bisa dijadikan grouping, contoh seperti nama.

Database Management System

Database Management System atau di singkat DBMS adalah suatu sistem software yang khusus dibuat untuk memudahkan penguna untuk melakukan basis data. Komponen dari DBMS sebagai berikut :

-Data Model : Mendefinisikan cara data terkonsep dan terstruktur

-Data Defenition Language(DDL) : digunakan untuk menentukan isi dan struktur dari basis data. Pengguna juga menentukan logical view(skema) dari database menggunakan DDL dan membuat sautu hubungan, primary keys, dan sistem keamanan dapat dibentuk.

-Data Manipulation Language(DML) : digunakan untuk mengisi query pada sebuah database, menyimpan atau mengupdate informasi dalam sebuah database dan mengembangkan aplikasi database. Structured Query Language

-Data Dictionary : menyimpan definisi elemen data dan karakteristik data.

Berikut ini beberapa manfaat dari DBMS  : peningkatan yang strategis pada penggunaan data perusahaan, mengurangi kompleksitas IS lingkungan, mengurangi redudansi data dan inkonsistensi, peningkatan intergritas data, peningkatan keamanan, mengurangi pengembangan dan biaya pemeliharaan, dan peningkatan akses data.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Computer Software

Go to post

Telecommunication And Networks

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php