Erik Jilianto

Computer Hardware

Posted: September 12th 2012

Hai…. ketemu lagi nih :), pada minggu ini saya akan membahas tentang hardware komputer, semua pasti sudah tahu apa itu yang di maksud dengan hardware pada komputer, yap!!! tepat sekali yang di maksud dengan hardware adalah Hardware adalah perangkat komputer yang terdiri atas susunan komponen – komponen elektronik berbentuk fisik (berupa benda). jenis – jenis hardware antara lain seperti CPU, memory, hard disk, motherboard, mouse, keyboard, dll. Masing – masing hardware yang terdapat pada komputer telah mempunyai tugas sendiri-sendiri sehingga menghasilkan sebuah sistem komputer yang utuh dan bekerja dengan baik. Seiring dengan perkembangan tekhnologi, semakin banyak pula hardware yang terdapat di pasaran, terutama yang berhubungan dengan internet dan multimedia.

Nah sekarang saya akan menjelaskan pengertian dari apa itu CPU, Memory, Motherboard dan yang lainnya. Berikut ini penjelasannya :

A. CPU

 CPU singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak, yang juga biasa disebut processor. Microprocessor adalah sebuah sirkut yang mengeksekusi instruksi untuk melakukan tugas pengolahan. Di dalam CPU terdapat berbagai komponen yaitu Control Unit, Arithmetic-Logic Unit, Registers dan Primary Storage.

a. Control Unit

ini adalah bagian dari prosesor yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU (Aritmathic Logic Unit). Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:

• Mengatur dan mengendalikan alat – alat input dan output.
• Mengambil instruksi – instruksi dari memori utama.
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk proses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.
• Mengawasi kerja dari ALU.
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.

b. Aritmathic Logic Unit

ALU merupakan bagian dari CPU yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan oleh Control Unit. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputasan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program.

c. Registers

Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses, dan menyimpan data ketika akan didecode, menyimpan data ketika ALU mengerjakannya, dan menyimpan hasil kalkulasi/komputasi yang telah selesai di proses.

d. Primary Storage

Primary Storage adalah tempat penyimpanan sementara,  didalam primary Storage terdapat informasi yang di kerjakan, applikasi yang anda gunakan, dan software sistem operasi. Jika kapasitasnya ditambah maka kecepatannya juga semakin cepat.

B. Motherboard

Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain. Saat ini banyak merek dan jenis motherboard. Bagi anda yang ingin merakit sendiri komputernya, saya sarankan agar berhati-hati dalam memilih merek dan jenis motherboard.

C. Memory

Memory merupakan suata alat yang bisa digunakan untuk menyimpan data yang telah kita kelolah dikomputer. Memory merupakan bagian terpenting dalam komputer karena fungsinya yang dapat menyimpan data dan memory juga harus dijaga dengan baik – baik.

D. Keyboard

Keyboard merupakan piranti masukan yang kita gunakan untuk memberi instruksi bagi komputer ataupun memasukan data ke komputer.

E.Mouse

Maouse adalah alat yang digunakan untunk mengerakan kursor yang ada pafa layar komputer anda.

Sampai disini dulu ya post kali ini, minggu depan kita akan kembali dengan topik yang berbeda lagi. 🙂 🙂 🙂 🙂


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Information Technologies In Modern Organizations

Go to post

Computer Software

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php