Erik Jilianto

Information Technologies In Modern Organizations

Posted: September 8th 2012

INFORMATION TECHNOLOGIES IN MODERN

 ORGANIZATIONS

Pada materi kuliah kali ini akan membahas tentang informasi teknologi dalam organisasi modern, dalam suatu organisasi modern pasti ada sistem utama informasi seperti arsitektur, infrastruktur, dan struktur hirarki, dalam pembahsan kali ini kita juga akan menjelaskan dukungan yang diberikan karyawan dalam sebuah organisasi dan bagaimana sumber daya informasi yang dikelola.

Pada infrastruktur informasi ada beberapa hal yang harus di perhatikan seperti fasilitas, jasa, dan semua yang mendukung semua sumber daya komputasi organisasi, contohnya perangkat keras komputer, software yang mendukung, serta jaringan dan fasilitas komunikasi. Sedangkan yang di maksud arsitektur infomasi adalah menggabungkan kebutuhan informasi, infrastruktur yang ada dan direncanakan, dan aplikasi software. Sistem informasi itu sendri adalah Sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menganalisis data dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. (Turban & Rainer, 2003)

Sistem informasi di klasifikasikan dalam bebarapa jenis seperti Transaction Processing System, Management Information Systems, Office Automation System, Decision Support Systems, Intelligent Support System (ISSs), End- user computing, Knowledge Management Systems, Data Warehousing, dan Mobile Computing.

-Transaction Processing System : Suatu sistem yang membantu dalam mengumpulkan, menyimpan, mengolah dan meyebarkan data  transaksi bisnis dasar.

-Management Information Systems : suatu sistem yang mengelolah data yang sudah di kumpulkan.

-Office Automation System : Seperti sistem pengolah kata yang di kembangkan untuk membantu/mendukung kantor dan pekerja administrasi.

-Decision Support Systems : Suatu sistem yang mendukung pengambilan keputusan dalam menejerial.

-Intelligent Support System : Sistem yang memiliki kemampuan menggali kembali history.

-End User Computing : pengguna/user yang menggunakan hasil kerja sebuah sistem.

-Knowledge Management  Systems : hasil pekerjaan pada perusahaan yang diukur dengan nilai kuantitatif dan bisa diukur dengan pasti dan terkadang tidak pasti.

-Data Warehousing : Gudang Data pada system yang dirancang untuk mendukung kegiatan DSS, ESS, dan kegiatan analisis End User.

-Mobile Computing : Sistem informasi yang mendukung kegiatan bisnis yang bisa dilakukan di mana saja.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Hello world!

Go to post

Computer Hardware

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php