Enda Crysanti

Telekomunikasi dan Jaringan

Posted: November 3rd 2012

Komputer komunikasi yaitu Proses di mana dua atau lebih komputer atau perangkat transfer data, instruksi, dan informasi. Dalam sistem telekomunikasi ada hardware dan software. Sistem dasar dalam komunikasi meliputi; perangkat keras, media, jaringan, perangkat lunak, Komunikasi, data penyedia, protokol, aplikasi. Di dalam Telekomunikasi ada signal, signal terdiri atas dua yaitu signal analog dan signal digital.
Wire-based Communication Channels terdiri atas; Twisted-pair wire (telephone wire), Coaxial cable, Fiber-optic cable, Microwave, Satellite, Radio, Cellular radio technology dan Infrared . Hardware dalam communication processor. Perangkat keras yang digunakan dalam transmisi data dan penerimaan yaitu:
1. modem
perangkat yang mengubah sinyal analog ke digital (dan sebaliknya), memungkinkan transmisi sinyal melalui sistem telepon.
2. Multiplex
perangkat yang mentransmisikan beberapa sinyal melalui media tunggal.
3. Front-end Processor
komputer khusus didedikasikan untuk mengelola tugas-tugas komunikasi.
Layanan Telekomunikasi servis:
 Jalur Switched – transmisi diarahkan sepanjang jalan ke tujuan
 Jalur khusus – koneksi terus menerus didirikan
 Wide-area Telekomunikasi Layanan (WATS) – Biaya jasa jarak jauh lebih rendah telepon
 Integrated Services Digital Network (ISDN) – transmisi data berkecepatan tinggi melalui saluran telepon yang ada
 Digital Subscriber Lines (DSL) – kecepatan transmisi tinggi digital melalui saluran telepon yang ada
 Tmnet-Streamix
Jaringan adalah alat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Network Environment terdiri atas dua, yaitu Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Local Area Network (LAN) yaitu sebuah jaringan yang mencakup jarak geografis yang relatif kecil. Contohnya yang digunakan di rumah atau gedung perkantoran. Wide Area Network (WAN) yaitu jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas. Internet adalah WAN terbesar di dunia.
Beberapa software untuk meningkatkan improve network performance; Packet-switching, Frame relay, Fiber Distributed Data Interface (FDDI), Asynchronous Transfer Mode (ATM), Switched Hub Technologies, Synchronous Optical Network (SONET), T-carrier System. Terkait dengan ini juga dipelajari tentang network prosesing strategis. Beberapa cara;
Beberapa aplikasi telekomunikasi yaitu ; E-mail, Videoconferencing, Electronic Data Interchange , Electronic Funds Transfer , Facsimiles, Telecommuting, Distance Learning, Telematics


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php