Enda Crysanti

Perangkat Lunak Komputer

Posted: September 28th 2012

Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Kelemahan dari software yaitu aplikasi perangkat lunak tidak dapat dikembangkan dengan cepat, ketertinggalan pengembangan software membatasi kemampuan dari SI, Peningkatan kompleksitas menyebabkan potensi peningkatan “bug.”, dan Pengujian dan “debugging” software mahal dan memakan waktu.
Software dapat dikategorikan sebagai perangkat lunak dan perangkat lunak Sistem Aplikasi. Sistem Software adalah perangkat lunak yang : mengontrol dan mendukung kegiatan sistem komputer, Mendukung aplikasi perangkat lunak dengan mengarahkan fungsi dasar komputer dan Memfasilitasi pengembangan program, pengujian, dan debugging. Secara umum, perangkat lunak (sotfware) dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman dan Perangkat Lunak Aplikasi. Sistem Operasi yaitu Program sistem kontrol utama yang mengawasi keseluruhan operasi komputer,
mengalokasikan waktu CPU dan memori utama untuk program yang berjalan pada komputer dan menyediakan antarmuka antara pengguna dan perangkat keras. Fungsi utama sistem operasi adalah :
• Menyimpan program dan aksesnya
• Membagi tugas di dalam CPU
• Mengalokasikan tugas-tugas penting
• Merekam sumber-sumber data
• Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
• Memeriksa kesalahan sistem
• Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Adapun beberapa tipe Sistem Operasi (OS) yaitu, Major Desktop OS, Departmental Server Operating Systems, dan Enterprise OS. Aplication Software adalah program yang menjalankan aktvitas pengolahan informasiyang spesifik dan fungsionalitas pengguna. Jenis Software Aplikasi :
• Proprietary aplikasi perangkat lunak : Alamat kebutuhan bisnis yang spesifik atau unik bagi perusahaan
• Off-rak-aplikasi perangkat lunak : Penjual program yang dikembangkan dijual kepada banyak organisasi bisa paket standar atau mungkin disesuaikan.
Bahasa pemrograman yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.
Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :
• Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
• Bahasa tingkat tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
• Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++
Beberapa software issues yaitu Software Licensing, Software Upgrades, Open Systems, dan Open Source Software. Sistem perangkat lunak menyediakan sebuah antarmuka antara hardware dan software aplikasi. Aplikasi perangkat lunak melakukan fungsi bisnis yang spesifik. Permasalahan yang dihadapi oleh banyak organisasi yaitu Adanya tekanan kompetitif menyebabkan perlunya prubahan dalam prosedur organisasi. Organisasi mencari solusi perusahaan software yang luas untuk menyediakan sistem organisasi terpadu


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php