Enda Crysanti

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Posted: September 23rd 2012

Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Komponen perangkat keras dari sistem informasi: CPU (central processing unit)/system unit, Memory (primary and secondary storage), Input devices, Output devices. CPU adalah Sebuah mikroprosesor yang menjalankan instruksi untuk melakukan tugas pengolahan. Fungsi utama CPU adalah melakukan berbagai operasi, termasuk operasi aritmatika dan logika terhadap data yang datang dari memori atau informasi yang dimasukkan melalui perangkat keras, seperti papan ketik (Keyboard), pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. Komponennya adalah: Control Unit, Arithmetic-Logic Unit, Registers, Primary Storage.

Memory juga dikenal sebagai memori utama Komponen elektronik yang menyimpan instruksi, data, dan hasil. Terdiri dari satu atau Chips lebih Motherboard atau Papan sirkuit lainnya. Setiap byte disimpan di lokasi yang unik Disebut alamat. Primer dan sekunder memori. Media penyimpanan bahan fisik yang digunakan untuk penyimpanan (juga disebut penyimpanan sekunder. Penyimpanan Primer adalah tempat penyimpanan sementara yang memegang tiga hal yaitu ; Informasi, perangkat lunak aplikasi, perangkat lunak sistem operasi.

Input adalah data atau instruksi yang dimasukkan ke dalam memori komputer. Terdapat dua tipe input yaitu data dan intruksi. Human-oriented; Keyboard, Mice/trackball, Touch screens, Stylus, Joystick, Microphone. Output adalah Data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna, yang disebut informasi. Perangkat output adalah setiap komponen hardware yang dapat menyampaikan informasi kepada pengguna.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih hardware yaitu; produktivitas, Mengubah Gaya Kerja, Produk dan Layanan baru, peningkatan komunikasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php