Lama Cuti? Perhatikan Hal ini Saat Kembali ke Dunia Kerja

Bagi Anda yang telah lama mengambil cuti atau berhenti dari dunia kerja kemudian ingin kembali ke dunia kerja, tentu harus menyiapkan mental lagi. Biasanya ini dialami oleh Anda yang memutuskan untuk melanjutkan kuliah dahulu. Bisa juga terjadi pada para wanita setelah menikah, hamil, dan mengurus anak.

Atau bisa juga dialami oleh Anda yang memang ingin berhenti sejenak di dunia kerja guna menemukan passion dan minat yang benar-benar sesuai dengan diri Anda. Tak bisa dipungkiri, pasti ada rasa cemas karena Anda ingin berusaha untuk dapat menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan kerja.

 Anda tentu membutuhkan tips untuk mengatasi kecemasan tersebut. Tak usah khawatir, disini akan diulas beberapa tips yang dapat Anda terapkan, sehingga Anda bisa lebih siap saat kembali ke lingkungan kerja. 

  1. Pilih Pekerjaan yang Benar-Benar Tepat

Pastikan pekerjaan yang Anda lamar benar-benar sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda. Ini akan sangat membantu Anda untuk lebih mudah beradaptasi dan merasa nyaman di lingkungan kerja yang telah lama Anda tinggalkan.

Buatlah resume yang meyakinkan. Jika perlu sertakan pula kartu nama saat Anda selesai wawancara. Dengan demikian Anda akan merasa lebih percaya diri dan tertekan saat interview kerja.

  • Manfaatkan Relasi

Mencari tahu tentang pekerjaan yang akan Anda lamar kepada teman yang memiliki minat atau profesi yang sejenis tentukan membantu Anda untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.

Bisa juga Anda menghubungi rekan kerja Anda dahulu saat Anda masih bekerja. Tanyakan kepada mereka bagaimana perkembangan dunia kerja saat ini dan apa saja yang perlu disiapkan. Walaupun mungkin jawabannya berbeda-beda, namun setidaknya mereka dapat memotivasi Anda untuk percaya diri saat akan melangkah memasuki dunia kerja lagi.

Anda bisa lebih mempersiapkan diri melalui berbagai informasi yang Anda dapatkan dari relasi kerja yang Anda miliki tersebut. Melalui mereka, Anda akan mengetahui apa kemampuan apa yang saat ini dibutuhkan di dunia kerja, konsekuensi apa yang akan Anda dapatkan sebagai karyawan baru dan lain sebagainya.

  • Kenali Lingkungan Kerja

Jika Anda telah mendapatkan informasi secara umum dari relasi kerja yang Anda miliki seperti yang disarankan pada poin ke 2 di atas. Langkah selanjutnya adalah mengenali lingkungan kerja yang akan atau telah Anda lamar.

Cari tahu suasana dan kondisinya apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan. Misalkan, terkait waktu kerja, target kerja, upah yang diberikan, tuntutan pekerjaan yang harus Anda hadapi, dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat Anda terapkan. Semoga dapat membantu Anda untuk lebih percaya diri menghadapi dunia kerja yang akan Anda masuki kembali.