Karyawan Anda sering Resign? Ini Tips Agar Karyawan Betah Kerja

Menjadi atasan yang membawahi banyak karyawan dengan berbagai macam sifat dan kondisi tentu tidaklah mudah. Terkadang Anda sudah merasa loyal, namun baru beberapa bulan bekerja akhirnya resign. Padahal karyawan dan perusahaan bagaikan simbiosis mutualisme yang saling membutuhkan. Tentu jika sudah demikian Anda butuh cara agar karyawan betah kerja di kantor.

Jika karyawan Anda tidak betah bekerja di kantor, bisa jadi karena faktor internal maupun eksternal. Faktor internal mungkin disebabkan karena mereka kurang suka dengan sistem kerja yang Anda terapkan atau bisa juga karena Anda kurang memberikan perhatian dan apresiasi lebih atas pencapaian mereka.

Sedangkan faktor eksternalnya, mungkin karena fasilitas yang ada di kantor Anda kurang memadai untuk mendukung kinerja mereka. Bisa juga disebabkan karena Anda tidak memberikan gaji yang layak atau mereka telah lama bekerja, namun Anda tak kunjung menaikkan gajinya.

Nah, terkait mengatasi beberapa masalah tersebut, berikut ada beberapa tips simpel yang dapat Anda terapkan.

  1. Menerapkan Sistem yang Mudah Namun Efektif

Sebaiknya Anda tidak menggunakan metode yang kaku, setiap karyawan tentu memiliki metodenya masing-masing untuk mencapai hasil pekerjaan yang maksimal. Pahami tiap karyawan Anda dan tentukan metode yang lebih fleksibel namun efektif. Sesuaikan pula dengan teknologi terbaru yang sedang berkembang, agar pekerjaan menjadi lebih mudah untuk dilakukan dan diselesaikan.

Selain itu, alih-alih memberikan waktu kerja yang terlampau ketat, lebih baik Anda memberikan deadline, karena tentu pemikiran yang bagus dari karyawan tak akan muncul jika Anda terlalu menekan mereka. Yang ada mereka akan merasa depresi, dan bisa jadi malah tidak betah kemudian resign.

  • Berikan Perhatian dan Apresiasi yang Baik

Tiap karyawan Anda tentu memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Baik daerah asal, suku maupun budaya. Beragamnya karakteristik mereka tentu perlakuannya tak bisa Anda samakan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berfokus pada kelebihan yang mereka miliki.

Perhatikan apa yang benar-benar menjadi kemampuan mereka dan maksimalkanlah. Tak lupa berikan apresiasi saat mereka berhasil menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan baik. Dengan demikian, karyawan Anda akan merasa dihargai. Akhirnya mereka akan semakin semangat lagi dalam melakukan pekerjaannya.

  • Berikan Fasilitas Pendukung yang Memadai

Lingkungan kerja yang kondusif akan membuat karyawan Anda nyaman bekerja. Jika mereka nyaman, makan mereka akan lebih fokus dan mudah dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.

Berikan pula fasilitas yang mendukung kelancaran pekerjaan mereka. Misalkan, jenis komputer yang memadai sesuai kebutuhan karyawan, alat print dan lain sebagainya. Dengan demikian mereka akan lancar dalam menyelesaikan tugas yang diberikan tanpa terganggu oleh faktor teknis maupun non teknis.

Semoga 3 tips di atas membantu Anda. Jangan lupa pula untuk selalu bersikap adil. Perusahaan dan karyawan saling membutuhkan. Tentu saat proses perekrutan perusahaan membutuhkan seleksi yang ketat. Karyawan pun harus melewati tahap seleksi yang tak mudah. Akan disayangkan jika umur kerja mereka hanya beberapa bulan saja bukan.