Jangan bicara Sembarangan! Jaga Perasaan Rekan Kerja

Bekerja di sebuah instansi/ perusahaan berarti harus siap bekerja dengan banyak orang dengan berbagai karakter yang berbeda. Nah, agar suasana kerja selalu nyaman dan kondusif, setiap orang harus saling menghargai satu sama lain. Salah satu caranya adalah dengan jaga perasaan rekan kerja.

Berikut hal-hal yang harus kamu hindari untuk jaga perasaan rekan kerja

  1. Jangan mengomentari bentuk fisik rekan kerja

Salah satu hal penting untuk jaga perasaan rekan kerja adalah dengan tidak mengomentari bentuk fisiknya. Jangan katakan dia semakin gendut, atau semakin kurus, terlalu pendek dan sebagainya. Perkataan seperti ini bisa menyinggung perasaan seseorang. Jika sudah begitu, hubungan sosial antara kamu dan rekan kerja jadi kurang baik.

Berilah komentar hanya jika rekan kerja bertanya padamu tentang bagaimana penampilannya dan sebagainya. Jawablah dengan jawaban yang sopan dan tetap jaga perasaan rekan kerja.

  • Jangan mengungkit kesalahan yang pernah dilakukan

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, dan setiap orang punya hak untuk memperbaiki. Untuk jaga perasaan rekan kerja, jangan pernah ungkit kesalahan yang pernah dilakukan rekan kerja sekalipun kesalahan itu sifatnya lucu. Sadar atau tidak, apa yang kamu tertawakan bisa saja membuat malu rekan kerja kamu.

  • Harus tahu kapan waktunya bercanda, kapan waktunya serius

Selain itu, kamu juga harus tahu waktu. Jika rekan kerja sedang bicara masalah yang serius, jangan dibalas dengan candaan. Jika ingin bercanda, tunggu sampai kalian menemukan solusi, lalu hibur dia dengan candaan. Ini juga langkah yang baik untuk jaga perasaan rekan kerja.

Itulah cara untuk jaga perasaan rekan kerja. Tak hanya untuk karyawan baru, karyawan yang senior pun harus jaga perasaan rekan kerja. Akrab dengan rekan kerja memang perlu, tapi seakrab-akrabnya dengan rekan kerja, kamu harus tetap jaga perasaan rekan kerja. Ada hal-hal yang tidak patut kamu katakan kepada rekan kerja.

Hubungan yang baik dengan rekan kerja sangat diperlukan. Suasana kerja yang baik, akan membuat kamu fokus dan semangat bekerja.