elsa lukmana

Ku Tidak Bisa Menumbangkan Makananku

Posted: November 30th 2018

Badak bercula satu atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Badak Jawa memiliki nama latin Rhinoceros sondaicusRhino berarti hidung dan ceros berarti tanduk, sedangkan sondaicus diambil dari kata Sunda yang merupakan suku dimana hidupnya badak bercula satu ini.

Hasil gambar untuk badak bercula satu

pada kehidupan liar badak bercula satu ini hanya ada 3 ekor saja yaitu jantan satu dengan 2 betina. badak bercula satu jantan ini bernama Sudan, Sudan ini yang baru – baru ini dibuh secara paksa karena sudah sakit – sakitan dan sudah tidak memungkinkan untuk melanjutkan hidupnya lagi. Sudan merupakan badak putih dan menjadi badak jantan terakhir di dunia.

Pemburuan liar akan badak ini sangat lah banyak dan juga gag main – main ya mereka, makin berani dan gag akan pernah takut. Pemburuan liar ini mematikan badak – badak yang kita punyai. sehingga badak cula satu terutama memiliki status Criticall Endangered. Melalui iucn (https://www.iucnredlist.org/species/19495/8925965)

Apa sih yang diambil dari si badak ini?

Yes, cula. Mengapa cula yang menjadi sasaran para pemburu liar ? Buat apa ya? Cula digunakan manusia terlebih banyak yaitu sebagai hiasan, dan sebagai penelitian cula badak juga memiliki banyak manfaat antara lain obat tradisional yang dipercayai oleh masyarakat sebagai obat kanker dan obat kuat. Pada cula badak ini memiliki banyak kandungan melanin dan kalsium dimana persis pada kandungan dalam kuku manusia.

Kira – kira manusia itu bisa dibilang jahat gag sih? Kenapa badak punya cula?

Yang pasti Tiap makhluk hidup diciptakan ada ini itu, semuanya pasti memliki fungsinya masing – masing ya teman. Manusia diciptakan dengan adanya rambut di kepala bermanfaat banget untuk melindungi kepala beserta isinya di dalam kepala. Sama juga teman kayak badak yang diciptain dengan adanya cula di atas mulutnya dan diciptain dengan struktur yang lancip. Apa fungsinya cula itu? alat perlindungan bagi si badak itu sendiri, sebagai alat atau senjata andalannya ketika mereka berkelahi dengan temannya.

Bayangkan bagaimana jadinya kalau badak tidak memiliki cula? Dia tidak akan mati sebenarnya ketika dia kehilangan culanya, tapi kenapa cula diambil badak juga mati ya teman? Ya karena itu ulah manusia, badak merasa terganggu akan kehadiran manusia, digunakan culanya, manusia takut dong sama badaknya. Maka, manusia membunuhnya terlebih dahulu teman. Kalau culanya tidak ada maka badak tidak dapat melindungi dirinya dan badak memiliki cula juga berfungsi sebagai pematah pohon untuk badak dapat makan daun – daunnya. Kalau gag ada cula, badak tidak bisa makan juga loh teman.

Hasil gambar untuk cula badak

Yuk, mulai sekarang kita bantu aparat penegak hukum untuk memberantas para pelaku yang membunuh dan mengambil cula badak. Jangan biarkan mereka seenaknya memburu dan mengambil cula badak hanya untuk kesenangan mereka saja. Dan ada lagi yang bisa dilakuin sama kita adalah melestarikan alam yang indah dengan banyak pepohonan dan menjadi sebuah hutan yang menjadi surga oksigen untuk kita. Dari kita menjaga alam ini maka jangan ada pengalihan lahan sebagai pemukiman penduduk lagi ya teman, cukup di area yang sudah ditentukan dan para mendaki gunung sejati dan para pekerja di dalam hutan pun mari kita lestarikan alam kita dengan tidak membuang sampah serta merokok di dalam hutan. Jangan ganggu makhluk hidup lain seperti badak ini dimana mereka juga tidak mengganggu mereka 🙂

Dari yang sederhana saja dulu yang dapat kita lakukan bersama.

 

 

 


14 responses to “Ku Tidak Bisa Menumbangkan Makananku”

  1. yosefaputrisaraswati says:

    mantab cicik Elsa, yuk mari selamatkan badak bercula satu di Indonesia. nhah, bagaimana sih cik caranya kita membantu aparat penegak hukum itu..kepo-kepo aja ini cik.hehhe

    • elsalukmana says:

      terimaksih sudah membaca artikel saya 🙂
      Penegak hukum nih lagi gencar cari orang yang melakukan pemburuan liar dan menjual cula badak ini dengan memberikan efek jera terhadap para pemburu liar supaya tidak ada lagi yang akan memburu badak

  2. saraswatigelgel says:

    artikel sangat informatif dan menambah wawasan, terus ditingkatkan 🙂

  3. keithykho says:

    Yukk kita lestarikan badak bercula, terimakasih Elsa sudah sharing informasi yang sebelumnya saya tidak tahu

  4. ikhalamere says:

    Blognya dibahas secara informatif dan dengan cara penulisan yang ringan, sehingga mudah dipahami. Saya setuju dengan action anda, karena dengan melestarikan alam sudah membantu makhluk hidup yang lain untuk tetap hidup pada habitat asli mereka.

  5. novalinda08 says:

    Kontennya sudah menarik dan mudah untuk dipahami, terus gimana pendapatmu mengenai kasus yg baru2 ini marak di perbincangkan mengenai badak yg dibiarkan terluka setelah culanya di ambil ?

    • elsalukmana says:

      Thanks udha di komen 🙂
      yaps, itu dia. bagiku manusia itu agak jahat ke makhluk hidup lainnya ya. tidak memikirkan ke depannya jadi manusia hanya memikirkan bagaimana kesenangannya tercapai saja alias manusia itu EGOIS. miris liatnya kalau bersenang – senang atas penderitaan makhluk hdup yang lainnya. #SaveTheNatureForTheFuture

  6. mariadensy123 says:

    wow that’s great elsa!!!!

  7. THE TEA IS HOT says:

    good

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php