EkaCepot_

E-Commerce_

Posted: November 21st 2012

Pengantar Teknologi Informasi_

Pertemuan Minggu ke-10_

Pada pembahasan kali ini, ane hanya akan menjelaskan secara singkat tentang E-Commerce. Ya sudah, langsung saja kalo begitu gan_

Sejarah dari Electronic-commerce atau biasa disebut E-commerce yaitu E-commerce berdiri sejak awal tahun 1970 sebelum internet muncul, digunakan masih terbatas pada bisnis besar, contohnya Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI).  Untuk saat ini E-commerce berupa iklan, perbankkan rumah, membeli bursa, pelaksanaan suatu lelang dan penyedia layanan kostumer. E-commerce adalah proses membeli, menjual, atau menukarkan produk barang, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer khususnya internet. E-commerce jika digambarkan dari segi perspektif terdiri dari : komunikasi, proses bisnis, jasa/layanan online, kerjasama antar masyarakat.
E-commerce terbagi menjadi tiga jenis, yaitu :
– E-commerce yang tradisional di antaranya : Old-Economy Organisasi ( Perusahaan), semua bisnis off-line, jual produk fisik atas pertolongan agen fisik.

– E-commerce yang menggunakan digital yaitu suatu organisasi yang menggunakan jasa online, dan yang menjual produk secara online dengan memanfaatkan jaringan internet.

– E-commerce partial adalah gabungan dari E-commerce dimensi digital dan pisik, contohnya yaitu Click-And-Mortar Organisasi, melakukan aktivitas E-commerce dan melakukan bisnis utamanya secara fisik.

E-Business adalah suatu definisi E-commerce  yang lebih luas yang meliputi tidak hanya pembelian dan penjualan barang-barang dan jasa, tetapi juga layanan pelanggan, bekerja sama dengan mitra bisnis, pelaksanaan transaksi elektronik di dalam suatu organisasi.

Bentuk dari E-commerce yaitu : Business-to-business EC (B2B), Collaborative commerce (c-commerce), Business-to-consumer EC (B2C), Consumer-to-businesses (C2B), Consumer-to-consumer (C2C), Intrabusiness (intraorganizational) commerce, Government-to-citizens (G2C) and others, Mobile commerce (m-commerce).

Pasar elektronik yaitu pasar yang memudahkan pertukaran barang, informasi, jasa, dan pembayaran. Juga pasar yang menciptakan nilai ekonomi bagi para penjual, pembeli, perantara pasar dan masyarakat bebas. Kebutuhan perdagangan elektronik infrastrukturnya adalah hardware, software, dan jaringan yang diperlukan untuk melakukan transaksi, komunikasi dalam bekerja sama.

Sekian dulu penjelasan singkat dari ane tentang materi Sistem Telekomunikasi dan Jaringan. Semoga bermanfaat gan \m/_


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php