EkaCepot_

IT dalam lingkungan bisnis_

Posted: September 17th 2012

Pengenalan Teknologi Informasi
Pertemuan Minggu ke-3
Pada pertemuan kali ini, ane akan menjelaskan sedikit mengenai “IT dalam lingkungan bisnis”. Kita mulai dari penjelasan mengenai Infrastruktur dan Arsitektur Informasi.
1.    Infrastruktur Informasi adalah fasilitas dalam bentuk fisik, layanan, dan manajemen yang mendukung semua yang berhubungan dengan penghitungan sumber daya dalam keorganisasian. Terdiri atas perangkat keras komputer, software dengan tujuan yang umum, fasilitas jaringan dan komunikasi, database, serta personil manajemen informasi.
2.    Arsitektur Informasi adalah menggabungkan informasi yang dibutuhkan, mengadakan perencanaan infrastruktur informasi dan aplikasi software, serta membantu memastikan bahwa IT sebuah organisasi sejalan dengan strategi bisnis organisasi yang dibutuhkan.

Berikut adalah pengertian Sistem Informasi serta jenis-jenis Sistem Informasi.
–    Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menganalisis data serta menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
–    Jenis-jenis Sistem Informasi adalah :
1.    Transaction Processing System : sistem informasi yang mendukung/menampilkan peristiwa rutin dalam bisnis, mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan transaksi data dalam dasar bisnis, serta menyediakan dasar data untuk semua sistem.
2.    Management Information System : mendukung pembuatan keputusan secar rutin, mengakses, mengorganisasikan dan menampilkan informasi, serta menjawab semua pertanyaan dan ramalan tentang trend ke depan.
3.    Office Automation System : seperti sistem yang memproses kata yang dibuat untuk mendukung perkantoran dan pekerjaan jurutulis.
4.    Decision Support System : mendukung secara kompleks pembuat keputusan non-rutin    (Executive Information System, Group Support System).
5.    Intelligent Support System : termasuk ahli sistem yang menyediakan pengetahuan yang disimpan dari ahli untuk non-ahli, dan tipe baru dari kepandaian sistem dengan mesin berkemampuan untuk belajar dari kasus-kasus sejarah/terdahulu.
6.    End-user Computing : pengguna atau pengembang dari sistem informasi melalui prinsip-prinsip pengguna sistem output seperti penganalisis, manajer, dan pekerjaan yang lain.
7.    Knowledge Management Systems : mendukung dalam pembuatan, pengumpulan, pengorganisasian, penggabungan, dan penyebaran dari sebuah pengetahuan keorganisasian.
8.    Data Warehouse : gudang data adalah sebuah database yang dirancang untuk mendukung DSS, ESS, dan proses analisis serta kegiatan end-user yang lain.
9.    Mobile Computing : sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan pelanggan atau partner bisnis di luar perusahaannya (dalam hal ini melakukan transaksi bisnis di tempat yang berbeda).

Setelah mengetahui pengertian Sistem Informasi dan jenis-jenisnya, sekarang kita akan membahas tentang bagaimana Sistem Informasi mendukung sebuah pengorganisasian.
1.    Menentukan bagaimana organisasi itu distrukturkan (dijeniskan melalui fungsinya, bagaimana susunan organisasinya).
2.    Dua klasifikasi umum adalah : klasifikasi melalui ketersediaan pendukung dan klasifikasi melalui tingkatan organisasi.
3.    Sistem Informasi dalam sebuah organisasi dibangun untuk mendukung cara organisasi itu distrukturisasi.
4.    Sistem Informasi mengandung banyak banyak aplikasi (sebuah aplikasi adalah sistem yang dibuat untuk tujuan yang spesifik).
5.    Aplikasi dan sistem ini dapat mendukung dalam hal : individual, kelompok, departemen, divisi/unit, semua perusahaan.
6.    Sistem Informasi juga dapat menjadi inter-organisasi. Dalam hal ini menghubungkan dua atau lebih organisasi yang memiliki ketertarikan yang sama atau kebutuhan bisnis, serta kepentingan dalam memfasilitasi e-commerce.
7.    Bantuan Sistem Informasi dibutuhkan oleh orang dengan berdasarkan peran/tugas mereka dalam sebuah organisasi.
–    Top Manager, membuat keputusan strategi.
–    Knowledge Worker/Professional, membuat dan mengintegrasikan pengetahuan.
–    Middle Manager, membuat keputusan taktik/cara.
–    Line Manager, membuat keputusan operasional.
–    Clerical Worker, menggunakan dan memanipulasi/memanfaatkan informasi yang ada.
Berikut bagaimana sumber informasi  dikelola dalam sebuah organisasi.
1.    Sumber informasi meliputi banyak hal, termasuk : hardware, software, database, network, prosedur, bangunan/gedung.
2.    Sumber informasi sangatlah mahal, pengelolaan yang tepat akan sangat dibutuhkan.
3.    Pertanggungjawaban untuk sumber informasi dibagi oleh Departemen IS dan end-user.
4.    Organisasi harus menentukan siapa yang bertanggung jawab untuk perencanaan, pembelian, pembangunan, dan pemeliharaan sumber informasi.
5.    Kerjasama akan sangat esensial.
Tugas dari Departemen Sistem Informasi :
1.    Merubah cara kerja, dari secara teknik menjadi secara manajemen/pengelolaan.
2.    Meningkatkan kefokusan dalam menambahkan jumlah strategi dalam sebuah organisasi.
3.    Sebagai Sistem Informasi, ditantang untuk menambahkan jumlah strategi, pengelolaan IS akan menjadi lebih kompleks.
4.    Chief Information Officer (CIO) memimpin IS dalam banyak organisasi.

Demikian yang bisa ane share pada kalian kali ini, semoga bisa bermanfaat ye \m/_


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php