Yuk Kenali Definisi BATUAN BEKU

Kecuali bebatuan sedimen dan bebatuan metamorf, ada lagi satu tipe bebatuan yang membuat litosfer, yakni bebatuan beku (igneus rock). Dikutip dari Buku Ajar Pengantar Geologi (2019) kreasi Muhammad Zuhdi, bebatuan beku ialah tipe bebatuan yang tercipta dari magma yang mendingin dan mengeras, tanpa atau dengan proses kristalisasi. Karakter khusus bebatuan beku ialah kristalin, baik dari kristal tersebut atau dari gelasan yang mengkristal. Berdasar genetiknya, bebatuan beku dibagi jadi dua tipe, yakni: Bebatuan beku intervensi Bebatuan beku intervensi ialah bebatuan beku yang mendingin dan mengeras di permukaan atau dalam kerak bumi dikitari oleh bebatuan asal. Magma mendingin secara perlahan-lahan hingga bebatuan ini mempunyai butir yang kasar. Susunan bebatuan beku instrusi yang unik ialah batolit, stock, lakolit, sill, dan dike.

Simak Juga : batu andesit bakar

Nama bebatuan yang mempunyai struktur kasar ialah granit, gabro, dan diorit. Simak juga: Bebatuan Metamorf: Pengertian dan Tipe-Jenisnya Bebatuan beku ekstrusi Bebatuan beku ekstrusi ialah bebatuan beku yang mendingin dan mengeras di dataran atau di permukaan laut. Bebatuan ini disebutkan sebagai bebatuan vulkanik. Penamaan bebatuan beku Dalam buku Modul 2 Geologi Landasan (2019) kreasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, diterangkan beberapa penamaan bebatuan beku, diantaranya: Bebatuan Granit Bebatuan granit terdiri dari empat tipe bebatuan, yakni: Granit Granit adalah bebatuan dengan mineral penyusunnya berbutiran kasar yang terbagi dalam seputar 10-20 % kuarsa dan seputar 50 % feldspar. Penyebaran granit di Indonesia berada di wilayah Bengkulu, Belitung, Lampung, dan Maluku. Riolit Riolit adalah persamaan granit berbutiran lembut. Seperti granit, riolit tersusun dari silikat warna jelas. Riolit berbutiran lembut sering memiliki kandungan pecahan kaca dan lubang, hal itu menunjukkan jika pendinginan berjalan cepat di lingkungan permukaan atau di dekat permukaan. Obsidian Obsidian adalah bebatuan kaca yang mempunyai warna gelap. Obsidian tercipta saat lava yang paling kaya silika mendingin secara cepat di atas bumi.

Baca Juga : ukuran batu split

Warna obsidian umumnya hitam atau coklat kemerahan. Warna gelap itu dibuat dari beberapa ion logam dalam zat kaca yang relatif jernih. Simak juga: Bebatuan Sedimen: Pengertian, Kategorisasi, dan Karakternya Batu apung Batu apung adalah bebatuan vulkanik dengan struktur vesikular (mempunyai lubang lubang kecil) yang tercipta saat beberapa gas keluar dari lava kaya silika sampai hasilkan periode abu-abu berbuih. Bebatuan ini menyebar di sejumlah gunung yang masif aktif seperti Gunung Krakatau, Gunung Merapi, Gunung Kelud, dan lain-lain. Saksikan Photo Batu situs Megalitikum Gunung Padang yang dikitari keelokan alam pegunungan di teritori Cianjur, Jawa Barat, Jumat (15/3/2013). Gunung padang adalah situs pra-sejarah warisan Megalitikum yang berbentuk punden berundak yang terbagi dalam formasi bebatuan andesit yang umurnya diprediksi semakin lebih tua dibanding piramida mesir seputar 10.000 tahun saat sebelum masehi. (KOMPAS IMAGES/ANDREAN KRISTIANTO) Bebatuan Andesit Bebatuan andesit terdiri dari dua tipe bebatuan, yakni: Andesit Andesit adalah bebatuan abu-abu menengah yang mempunyai butiran lembut, umumnya berawal dari gunung berapi. Andesit biasanya mempunyai warna yang jelas. Andesit umumnya diketemukan di daerah jejeran vulkanik pada batasan benua yang melingkari Samudra Pasifik. Di Indonesia, andesit bisa diketemukan di daerah serangkaian gunung api Sumatera-Jawa. Simak juga: Pemahaman Litosfer dan Material Pembentuknya Diorit Diorit adalah persamaan andesit tapi yang intrusif. Bebatuan diorit tersusun dengan mineral berbutiran kasar seperti granit warna kelabu. Biasanya diorit tersusun atas mineral plagioklas feldspar dan amphibole. Butiran feldspar warna jelas dan kristal amphibole warna gelap. Bebatuan Basaltik Bebatuan basaltik terdiri dari dua tipe bebatuan, yakni: Basalt Basalt adalah bebatuan yang mempunyai warna hijau tua yang paling gelap. Basalt adalah bebatuan beku esktrusif yang umum. Basalt bisa diketemukan di daerah kepulauan vulkanik, seperti Kepulauan Hawai dan Islandia. Gabbro Gabbro adalah persamaan instrusi dari basalt. Sama dengan basalt, gabro mempunyai warna hijau gelap, nyaris ke hitam. Gabbro jarang-jarang sekali berada di kerak benua, umumnya berada di kerak samudra. Bebatuan Piroklastik Bebatuan piroklastik adalah bebatuan yang tercipta atas fragmen-fragmen yang dikeluarkan waktu letusan gunung api. Salah satunya contoh bebatuan piroklastik ialah tuff.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *