Yuk Intip Proses Pembentukan Batuan Sedimen dan Contohnya

Bebatuan ada beberapa macamnya, rekan-rekan, diantaranya bebatuan sedimen.

Contoh bebatuan sedimen berbagai macam, lo.

Bebatuan sedimen yang lain bisa juga digunakan jadi bermacam hal yang lain oleh manusia.

Saat sebelum cari info proses pembangunan bebatuan sedimen, contoh, dan manfaatnya, kita cari info dahulu beberapa macam bebatuan, yok!
Macam-Macam Bebatuan

Simak Juga :  kebutuhan batu koral sikat per m2

Batu adalah mineral padat yang membuat sisi permukaan Bumi dan planet bebatuan yang lain. Bebatuan dapat diketemukan di atas atau di bawah tanah atau lautan.

Ada tiga tipe bebatuan, yakni bebatuan beku, bebatuan metamorf, dan bebatuan sedimen.

Bebatuan beku ialah batu yang tercipta bermaterial bebatuan magma yang membeku.

Sedang bebatuan metamorf tercipta dengan dampak panas, desakan, dan proses kimiawi, umumnya waktu bebatuan itu berada di bawah permukaan Bumi. Beberapa kondisi itu mengubah formasi kimia, mineral, dan struktur bebatuan.

Nah, jika bebatuan sedimen adalah bebatuan yang tercipta dari kelompok sedimen atau zat padat yang terpisah dari cairan dan mengendap dalam waktu yang lama, umumnya di landasan laut atau danau.

Baca Juga : harga batu gamping

Bebatuan sedimen dapat tebentuk dari bebatuan yang telah ada awalnya atau sisi dari organisme yang pernah hidup, seperti tumbuhan atau yang lain.

Bebatuan itu membuat pengendapan dan menimbun di atas Bumi dalam waktu lama sebelumnya terakhir tercipta jadi batu. Proses endapan itu disebutkan sedimentasi.

Dibanding dengan bebatuan beku dan bebatuan metamorf, bebatuan beku sedikit membuat sisi kerak Bumi, tetapi sejumlah besar permukaan Bumi tertutup oleh bebatuan sedimen.

Baca : Bukanlah Pasir, Ada Pantai yang Malah Disanggupi Bebatuan Kaca, dari Mana Aslinya?

Proses Pembangunan Bebatuan Sedimen

Berdasarkan proses pembentkannya, bebatuan sedimen terdiri jadi tiga tipe, rekan-rekan:

  1. Bebatuan Sedimen Kimiawi

Bebatuan sedimen ini tebentuk berbahan terlarut dalam cairan mengendap dari larutan. Bebatuan ini sering berawal saat pengendapan terikut ke sungai dan mengendap di danau dan lautan, selanjutnya sedimen kehilangan air dan bahan terlarut didalamnya membuat batu.

Misalnya ialah bebatuan garam, dan beberapa macam batu kapur.

  1. Bebatuan Sedimen Klastik

Bebatuan sedimen klastik tercipta dari serpihan bebatuan yang telah ada. Serpihan bebatuan itu dapat terikut ke tempat ada pengendapan yang dalam hingga membuat bebatuan sedimen.

Contoh bebatuan sedimen klastik ialah batu pasir, bijih besi, batu konglomerat.

  1. Bebatuan Sedimen Biologis

Bebatuan sedimen ini tercipta dari penumpukan kelompok puing-puing makhluk yang pernah hidup, seperti tumbuhan dan hewan.

Contoh bebatuan sedimen biologis ialah batu bara, beberapa dolomit dan beberapa batu kapur.

Faedah Bebatuan Sediman untuk Manusia

Ada beberapa batu yang terhitung bebatuan pengendapan, rekan-rekan. Karena itu, tipe bebatuan sedimen digunakan manusia berbentuk yang bermacam jenisnya.

Batu rijang misalkan telah dipakai oleh manusia jaman dahulu untuk bikin senjata atau perlengkapan menggunting seperti pisau.

Ada pula batu bara yang dipakai selaku bahan bakar oleh manusia hingga saat ini.

Batu gamping yang termasuk juga bebatuan sedimen dipakai manusia dalam beberapa hal. Salah satunya ialah bahan semen, untuk menetralisir asam, dan ada tipe yang dipakai untuk bikin kapur catat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *