Channel Ilmu

Yuk Simak Ikuti kalender Jawa, warga adat Banakeling di Banyumas baru rayakan Idul Adha

Posted: February 9th 2019

Tidak sama waktu dengan Hari Raya Idul Adha yg udah dirayakan pada Rabu (22/8) minggu terus, warga rutinitas Banakeling di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, baru rayakan Idul Adha pada Kamis (30/8) ini.

Ketaksamaan waktu jatuhnya hari besar itu, dikarenakan dengan cara rutinitas warga rutinitas Banakeling mengerjakan perhitungan hari berdasarkan pada kalender Jawa Alif Rebo Wage atau Aboge.

Juru Bicara Tetua Rutinitas Banakeling, Sumitro mengemukakan dalam perhitungan Aboge hari raya Idul Adha jatuh dalam hari Kamis bursa pasaran Pahing. Mengenai tanggalnya merupakan 17 bulan Besar atau Aji. Sumitro merinci dalam perhitungan jawa, tahun ini merupakan tahun Dal.

Baca Juga : angka romawi

” Karena itu Idul Adha atau Perlon datang dalam hari Kamis Pahing. Mengenai tanggalnya ikuti hari sebagai basic perhitungan. Bila sesuai masehi tanggal 30 agustus ini hari, ” kata Sumitro pada Merdeka. com, Kamis (30/8) .

Walaupun baru rayakan Bada Perlon, anak putu Banakeling terus masuk dengan warga Islam yg rayakan Idul Adha minggu waktu lalu. Mereka ikut ikut berbagi daging hewan kurban. Tengah perayaan idul adha sekarang, adalah ritual hanya terbatas privat keturunan Panembahan Banakeling.

Sebelum menyelenggarakan ritual Perlon, warga rutinitas Banakeling menyelenggarakan ritual mengerjakan rikat makam di lingkungan panembahan Banakeling. Mereka berdoa serta bersih-bersih ruangan makam. Mereka berziarah serta berdoa di makam Kiai Gunung. Tidak hanya itu, seperti Idul Adha ikut memotong hewan perlon atau kurban.

” Ada 16 kambing yg kami potong. Diolah berbarengan, dikonsumsi bersama-sama serta diberikan ke penduduk, ” kata Sumitro.

Artikel Terkait : kalender jawa

Sumitro memberi tambahan, dalam kalender Alif Rebo Wage (Aboge) , tahun 2018 ini adalah tahun Dal. Rumus perhitungan tahun Dal merupakan Daltugi. Oleh karena itu, tahun baru 1 Sura datang pada Sabtu bursa pasaran Manis. Dari perhitungan Sabtu bursa pasaran Manis tersebut perhitungan buat bulan-bulan yang lain didasarkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php