Penarikan berulang dari Kabul Apa yang telah berubah dalam lebih dari 30 tahun

Pejuang Taliban berpatroli di Kabul, ibu kota Afghanistan = 19 Agustus 2021, AP
Pejuang Taliban berpatroli di Kabul, ibu kota Afghanistan = 19 Agustus 2021, AP

 Tiga puluh dua tahun yang lalu, saya melihat penarikan terakhir pasukan Soviet dari Afghanistan di Bandara Kabul, ibu kota. Dan sekarang militer AS melakukan penarikan terakhir dari bandara yang sama. Setelah penarikan Uni Soviet, pemerintahan sosialis yang didukung oleh Uni Soviet berlangsung selama tiga tahun, tetapi pemerintahan kepiting yang didukung oleh Amerika Serikat dan Eropa runtuh tanpa menunggu penarikan militer AS. Dalam sekitar 30 tahun terakhir, Afghanistan telah membuat perubahan penuh, dan sekali lagi kekuatan besar telah meninggalkan negara itu dan mempercayakan nasibnya kepada pasukan fundamentalis Islam. Apa perbedaan antara waktu itu dan sekarang?

 Pada 14:30 tanggal 13 Februari 1989, 15 anggota unit keturunan Soviet, yang bertugas menjaga Bandara Kabul, naik ke pesawat angkut Antonov 12. Pada upacara penarikan yang diadakan tepat sebelum landasan pacu bandara, komandan unit keturunan, Kapten Sardarchuk, menyerahkan tanggung jawab keamanan bandara kepada pasukan pemerintah Afghanistan.

 Kapten Igar dari Siberia Guzhast mengatakan dalam sebuah wawancara dengan saya, “Saya senang bisa kembali ke negara saya. Invasi Soviet ke Afghanistan adalah sebuah kesalahan. Saya ingin konflik berakhir dengan damai.” Sebagian besar dari 25.000 tentara Soviet baru-baru ini menyelesaikan penarikan melalui darat. Pesawat pengangkut, membawa 15 orang terakhir, naik pada sudut yang curam, memancarkan bola api yang membingungkan pelacakan inframerah, dan menghilang di balik pegunungan Hindu Kush dalam persiapan untuk serangan rudal gerilya Islam dari pegunungan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *