Berita Bisnis Online Terbaru

Cara Menagangani Kerusakan Air pada Komputer

Posted: May 16th 2018

Cara Menagangani Kerusakan Air pada Komputer tidaklah sulit. Cara menanganinya kerusakan pada komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang dapat bekerja layaknya manusia. Dengan komputer kamu dapat melakukan perhitungan, pengetikan, penyimpanan data dengan cepat. Semakin berkembangnya teknologi kegunaan komputer juga semakin canggih. Saat ini dengan komputer kamu dapat membuat toko online sampai merancang sebuah robot. Komputer seperti manusia yang bisa sakit.

Air pada Komputer

Air pada Komputer

Air pada komputer juga dapat mengalami kerusakan bermacam-macam. Dari yang ringan sampai yang parah.Dalam sebuah sistem komputer jika komputer mengalami kerusakan akan ada sebuat tanda. Dengan tanda tersebut seorang teknisi komputer bak seperti dokter yang memeriksa penyakit pasiennya. Di sini teknisi komputer bisa memeriksa tanda-tanda kerusakan yang di alami komputer. Pada jasa service printer jakarta telah banyak yang menangani hal semacam ini,

Komputer yang memiliki kerusakan air kemungkinan tidak dalam kondisi kerja. Bahkan setelah komputer kering, tidak ada jaminan bahwa hard drive, baterai, RAM dan bagian lain akan berfungsi. Air atau cairan lain dapat menyebabkan baterai komputer menjadi pendek, yang dapat merusak colokan listrik dan mempengaruhi pasokan listrik ke rumah. Namun, sebelum menghapus komputer yang rusak air atau membawanya ke tukang reparasi yang mahal, cobalah langkah-langkah berikut untuk memperbaikinya.

Matikan Sambungan Listrik

Jika komputer terhubung ke stopkontak, segera lepaskan. Jika laptop, lepaskan baterai dari casing-nya di bagian bawah. Anda harus melepaskan tab yang disertakan bersama baterai sesuai dengan petunjuk dalam manual pabrikan. Ini akan mencegah Anda mendapatkan kejutan saat bekerja dengan laptop yang rusak air.

Buka Komputer

Jika komputer adalah laptop, lepaskan semua sekrup di bawahnya. Setelah ini, keluarkan dua sekrup yang menghubungkan layar laptop. Jika komputer adalah desktop, buka penutup yang melindungi CPU.

Hard Drive

Lepaskan hard drive dari komputer. Simpan catatan tentang cara itu dihapus sehingga ketika meletakkannya kembali tidak ada masalah. Sebaiknya, ambil foto atau buat video dengan ponsel Anda. Periksa drive untuk air atau kelembapan apa pun. Tekan ke bawah dengan kain lembut untuk menyerap kelembaban. Jangan membuat gerakan menggesek dengan kain untuk menyapu air karena ini dapat menyebarkan air di sekitar daripada menyerap dan mengeluarkannya. Keringkan sisa kelembaban dengan bantuan hair dryer yang disetel ke Cool atau kipas.

Keyboard

Dalam kasus komputer desktop, cabut keyboard dari CPU. Balikkan keyboard dan kibaskan air. Lepaskan sekrup di bagian bawah dan keringkan. Tetap di bawah matahari selama beberapa waktu.

Komponen Lainnya

Putuskan sambungan dan keluarkan semua komponen lainnya termasuk motherboard yang ada di dalam komputer. Pastikan bahwa snapshot diambil dari semua komponen yang dikeluarkan dari komputer sehingga kerangka acuan ada di sana saat meletakkan kembali komponen.

Proses Pengeringan

Keringkan semua komponen satu per satu dengan menggunakan kain lembut untuk menyerap kelembaban. Kemudian, gunakan pengering untuk menghilangkan kelembapannya. Biarkan komponen duduk di malam hari sehingga mereka secara alami kering di udara. Setelah mengering, mungkin ada beberapa endapan kalsium pada komponen dari air kering. Ini dapat menyebabkan masalah dengan komputer. Anda dapat membersihkan komponen dengan larutan alkohol 90 persen.

Apakah Instal Ulang Juga Dapat Membantu memperbaiki Kerusakan Air pada Komputer?

Setelah beberapa hari, instal ulang komputer. Sambil menyimpan foto sebagai titik referensi, masukkan semua komponen kembali ke urutan terbalik dari penghapusannya. Sambungkan kembali keyboard. Dalam hal laptop, masukkan baterai dan kembalikan tenaga. Jika tidak ada kerusakan yang bersifat permanen, komputer Anda seharusnya sudah berfungsi. Jika masih belum berhasil service komputer jakarta mungkin dapat membantu Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba ketika Anda mendapatkan masalah keusakan mengenai air pada komputer. semoga tips diatas dapat membantu masalah  pada komputer Anda.


Comments are closed.

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php