Devina

Upaya Pelestarian pada Keindahan Anggrek Bulan sebagai Puspa Pesona dari Indonesia

Posted: December 3rd 2016

Hello, kali ini diblog saya akan membahas bagaimana upaya yang akan dilakukan untuk pelestarian terhadap salah satu tanaman  yang endemik yaitu Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis).

Berkas:Phalaenopsis amabilis - Curtis' 73 (Ser. 3 no. 3) pl. 4297 (1847).jpg

Sebelum itu saya akan membahas sekilas si jenis anggrek yang satu ini.
Anggrek bulan merupakan jenis anggrek (Orchidaceae) yang mempunyai cri khas kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih, namun saat ini sudah banyak anggrek bulan hasil persilangan yang memiliki warna dan corak yang beraneka ragam. Keberadaan anggrek, termasuk anggrek bulan telah tersebar di berbagai kepulauan Indonesia, diantaranya Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Irian Jaya. Namun, saat ini keberadaan anggrek bulan mulai terancam punah dikarenakan jumlah dan keberagaman anggrek bulan mulai menurun, khususnya anggrek bulan yang hidup secara alami di alam terbuka.

Hasil gambar untuk anggrek bulan
Cantik kan ?????!!!!!!! Tapi sayangggggggg, berdasarkan status konservasinya berdasarkan IUCN si Anggrek Bulan ini terancam punah, dengan status perdagangan internasional berdasarkan CITES Appendix II. Kalau di Indonesia beda lagi, si Anggrek bulan ini merupakan termasuk salah satu flora yang masuk dalam daftar  flora dan fauna yang dilindungi di Indonesia yang tercantum dalam PP No. 7 tahun 1999.
Nah, kira- kira alasannya knapa ya guys dia terancam punah ?!
Hal ini mungkin bias terjadi karena
– Semakin maraknya perdagangan anggrek bulan tanpa diimbangi kesadaran akan status konservasi anggrek bulan yang semakin menurun dan pengetahuan akan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati.
– Banyaknya pembudidayaan anggrek bulan tanpa diimbangi upaya konservasi, khususnya konservasi secara in-situ.
– Adanya pembukaan atau alih fungsi hutan menjadi ancaman punahnya anggrek bulan di alam.
Hasil gambar untuk anggrek bulan
Oleh karena itu,  saya akan merencanakan aksi unuk membudidayakan si Anggrek Bulan ini….
Dimasa mendatang setelah saya mapan dan punya rumah sendiri (aminkan ya!!!),
Konservasi secara ex-situ, ini yang akan saya lakukan dimana tempat khusus yang telah dibuat untuk membudidayakan anggrek, dimana kondisi tempat tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga sesuai dengan habitat aslinya.
Hasil gambar untuk kultur anggrek bulan
Menurut sumber Anggrek bulan termasuk dalam tanaman anggrek monopodial yang menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya.
Usaha konservasi secara ex-situ ini merupakan usaha konservasi yang paling mudah untuk dilakukan karena kita tidak perlu terjun langsung ke habitat asli suatu flora atau fauna yang ingin kita budidayakan.
Saat ini, usaha konservasi ex-situ telah banyak diterapkan oleh masyarakat Indonesia yaitu oleh para kolektor pencinta flora atau fauna, termasuk salah satunya yaitu budidaya oleh para pencinta anggrek bulan.
Kesadaran dari para kolektor ini sangat membantu dalam konservasi anggrek bulan.
Misalnya perlindungan anggrek di Kalimantan
Hasil gambar untuk kelompok pecinta anggrek bulan

Selain itu,

Hasil gambar untuk komunitas pecinta anggrek

Budidaya anggrek bulan tersebut akan dilakukan dengan cara perbanyakan tanaman, baik ditanam di pekarangan, nursery anggrek, maupun di kebun percobaan lembaga penelitian dan perguruan tinggi.

Hasil gambar untuk budidaya anggrek bulan

Kemungkinan lain yang akan saya lakukan dengan perbanyakan anggrek bulan juga dengan cara kultur embrio secara in-vitro untuk mempertahankan variabilitas genetik tanaman dan persilangan untuk menghasilkan hibrida baru yang nantinya dapat menambah kekayaan anggrek bulan di Indonesia. Kultur embrio secara in-vitro dilakukan dengan cara menumbuhkan embrio anggrek bulan pada medium buatan, yang bertujuan untuk menghasilkan bibit anggrek bulan dalam jumlah banyak dengan waktu yang relatif singkat sehingga para pembudidaya anggrek bulan tidak perlu mengambil anggrek tersebut di habitat aslinya yang dapat menyebabkan menurunnya jumlah spesies anggrek bulan di alam. Persilangan dapat dilakukan dengan cara mengoleksi spesies terseleksi yang memiliki keistimewaan atau sedikit perbedaan, dimana spesies tersebut nantinya akan digunakan sebagai induk silang. Persilangan ini bertujuan untuk menghasilkan anggrek hibrida baru yang nantinya dapat menambah kekayaan spesies anggrek bulan di Indonesia.

Hasil gambar untuk kultur anggrek bulan

Hasil gambar untuk semoga bermanfaat


12 responses to “Upaya Pelestarian pada Keindahan Anggrek Bulan sebagai Puspa Pesona dari Indonesia”

  1. gildania says:

    terimakasih untuk info menarik yang telah diberikan. membaca blog ini pada malam hari sungguh membawa ketenangan dengan disuguhi banyak foto yang cantik tentang anggrek bulan. action plan yang direncanakan sangat bagus karena bisa menerapkan apa yang sudah didapat di bangku perkuliahan. semoga tidak terhambat akan dana dan tempat di kemudian hari. Good luck 🙂

  2. veningtriwi says:

    Terima kasih atas info menarik yang diberikan, semoga action plan yang direncanakan dapat berjalan

  3. Shendy says:

    Wah, saya baru pertama kali melihat tanaman anggrek bulan ini.. sungguh sangat indahhh, tapi sayang karena keberadaannya yg terancam punah menyebabkan ia sendiri sangat jarang diketahui masyarakat. semoga action plan yang kamu rencanakan dapat terwujud yaa.. semangat 🙂

  4. Dionysia Heviarie Primasiwi says:

    wah… apabila terwujud mempunyai rumah anggrek sangat bagus apalagi tidak hanya satu jenis anggrek, selain itu sepertinya bisa dijadikan sebuah usaha.. semangat DEVINA semoga berhasil dalam konservasinya

    • Devina says:

      iya rencananya saya akan memulai dari satu anggrek dulu dan medekati para pecinta anggrek dan bagaimana menanamnya dengan yang baik dan benar semoga semakin lama saya bisa engkonservasikan beberapa tanaman anggrek yang hamper punah.. terimakasih ataas sarannya DIONYSIA….

  5. Gabriela Alodia Daryanto says:

    wahh aksi yang luar biasa devina. semoga harapan dan cita-cita mu tercapai supaya tanaman anggrek ini terselamatkan dari bahaya kepunahan. semangat devina

  6. christin says:

    Sangat bagus upaya yang akan dilakukan. Pelestarian anggrek bulan ini dapat dimulai dengan diri sendiri kemudian dapat dimulai dengan memotivasi orang lain untuk ambil bagian juga dalam pelestarian anggrek bulan ini. Semoga dapat berjalan dengan baik pelestarian anggrek bulan ini 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php