Dustin Okie's

Telecommunication dan Network

Posted: October 30th 2012

Hai, post-an pertama sehabis UTS nih.. kali ini saya mau bahas tentang sistem Telekomunikasi dan Jaringan. Tanpa adanya sistem telekomunikasi dan jaringan, dunia ga akan mampu berkembang sampai seperti sekarang ini. Bayangkan tanpa adanya sistem telekomunikasi, orang-orang tidak akan mampu berhubungan dengan dunia luas, tidak mendapat informasi dengan cepat, kita seperti terisolir di dunia purba, tidak tahu apa-apa mengenai dunia luar, tidak ada kerjasama antar-negara, kita pun akan kerepotan kalau mau beromunikasi dengan keluarga kita yang tinggal di tempat yang jauh. Semua aspek kehidupan akan tidak berarti kalau tidak ada sistem telekomunikasi. Sistem telekomunikasi dapat terhubung kemana saya kalau ada jaringan yang menghubungkannya.

Misalnya kalau kita mau menelpon keluarga kita di tempat yang jauh, maka sinyal dari ponsel kita ditangkap oleh tower BTS dan dikirimkan ke ponsel tujuan panggilan kita. Kalau kita mau menonton pertandingan sepak bola secara live, maka sinyal dari lapangan sepak bola langsung dikirimkan ke satelit komunikasi, lalu satelit itu memancarkan sinyal ke antena/parabola di rumah kita sehingga kita bisa menonton apa yang terjadi di lapangan sepak bola. Dan banyak lagi hal lainnya yang kita manfaatkan sehari-hari dengan bantuan sistem telekomunikasi dan jaringan. Pengiriman data itu begitu cepat sehingga kita tidak merasakan jeda waktu pengirimannya.

Komponen yang digunakan dalam sistem telekomunikasi adalah Perangkat keras, Media, Jaringan, Perangkat lunak, Penyedia data komunikasi, Protokol, dan Aplikasi.

Sinyal yang dikirimkan dibagi menjadi 2 jenis yaitu Sinyal Digital dan Sinyal Analog.

Sinyal Digital

Gelombangnya putus-putus, informasi disampaikan dalam bentuk binary (1/0 atau on/off), dan mudah dipahami oleh komputer.

Sinyal Analog

Gelombangnya bersambung, informasi disampaikan dlam bentuk perubahan gelombang (amplitudo).

Intinya dunia modern sekarang ini ga bisa apa-apa kalau ga ada sistem telekomunikasi dan jaringan. Sekian tulisan saya kali ini thank you.. 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php