Dustin Okie's

Business dan IT

Posted: September 10th 2012

Halo, disini saya akan membahas tentang hubungan antara bisnis dan IT dalam kehidupan nyata.

Dulunya, bisnis dan IT itu kayak pasangan yang “malu – malu tapi mau”, tetapi dalam dunia modern sekarang, mau tidak mau bisnis memerlukan IT sehingga bisnis dan IT dapat menjadi pasangan paling mematikan di dunia. Pada zaman sekarang apa sih hal di dunia yang tidak menggunakan IT? menurut saya, kalian pasti mikir bahwa hal di dunia yang menggunakan IT itu hal yang kompleks, berskala besar, dan modern. Padahal, IT bukan hanya sesuatu yang kompleks, IT yang simple pun sering kita gunakan sehari – hari.

Pada pertemuan ini, dosen saya menceritakan banyak sekali bisnis simple yang menerapkan IT di kehidupan sehari – hari kita. Hanya dengan begitu setidaknya pendapatan penjualan akan lebih meningkat dibandingkan tanpa memanfaatkan IT. Sebagai contoh, daripada tukang bakso keliling2 dengan kemungkinan penjualan gak jelas, akan lebih baik kalau dia menggunakan sistem delivery, para konsumen dapat memesan via SMS atau telepon. Dengan begitu tentu akan menghemat waktu, tenaga, dan efisiensi kerja meningkat.

Sebagai anak TF, hal simple yang bisa kita jadikan uang ya salah satunya dengan jualan program, pengalaman nih, anak – anak gamer pasti tau kalau di setiap game ada aja yang usaha cari duit dengan cara apapun, contohnya jualan cheat dan bot. Beberapa orang menggunakannya secara pribadi untuk mencari uang in-game dan mengkonversinya / menjualnya menjadi rupiah. Lumayan lah buat nambah uang jajan 😀

Di level yang lebih kompleks lagi, kita bisa membuat sebuah Private Server game online, banyak sekali contoh sukses Private Server di dunia, di Indonesia juga banyak Private Server yang lumayan sukses. Biasanya orang lebih senang memainkan game Private Server dibandingkan dengan Official Servernya, karena biasa sang empunya Private Server tau apa yang diinginkan oleh rakyat B). Kebanyakan fitur – fitur di Private Server dikustomisasi oleh empunya server, jadi fitur di Private Server tentunya lebih banyak dibandingkan dengan Official Servernya dan pastinya sesuai dengan hati dan pikiran rakyat 😀

Jika Private Server tersebut sudah terkenal atau bahkan go-internasional, biasanya si empunya udah jadi orkay, dan menunggu uang yang terus mengalir ke rekening banknya :D. Tapi untuk promosi sebuah Private Server tidak memerlukan waktu yang singkat, perlu usaha yang panjang dan banyak halangan, seperti user nakal yang berusaha untuk meretas server tersebut dan saingan dengan Private Server lainnya.

Sekian tulisan saya tentang Business dan IT. Thank You


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php