donnyfranklyn

Kerusakan Lingkungan Akibat Industri

Posted: August 29th 2016

Syalom, selamat pagi semua. Kita bertemu lagi, semoga kita tetap selalu sehat dan di berkati Tuhan. Amiiiinn

Oke sekarang aku akan membagi informasi tentang salah satu hal yang sangat rentan terhadap kerusakan bumi yaitu kerusakan lingkungan akibat adanya polusi, sampah, gas, dsb nya.

Aku mau bertanya ke kalian, mengapa hal ini bisa terjadi ? Yups, menurut ku pribadi hal yang sering terjadi yaitu akibat kebodohan dan keserakahan manusia. Contoh, sekarang di Indonesia banyak sekali kawasan – kawasan industry yang limbah nya kadang hanya di olah seadanya dan di buang ke saluran pembuangan atau gas beracun bekas pembakaran nya hanya di salurkan pada cerobong asap dan di buat ke udara. Contoh lain nya pun pohon – pohon mulai di tebangi dan hutan di bakarin untuk hal membuka lahan. Ya masih banyak contoh – contoh hal kebodohan dan keserakahan manusia yang membuat lingkungan di sekitar nya rusak dan akan lebih parah nya yaitu bumi kita pun akan rusak yang sangat parah akibat kebodohan dan keserakahan itu.

Oke sekarang sebelum menjelaskan lebih jauh, biar kalian mengerti apa itu kerusakan lingkungan. Aku akan jelasin dari awal apa yaa, simak baik – baik kalian !! hahaha, Cekidot….

Kerusakan lingkungan hidup di Indonesia semakin hari semakin parah. Kondisi tersebut secara langsung tlah mengancam kehidupan manusia. Tingkat kerusakan alam pun meningkatkan resiko bencana alam. Penyebab terjadinya kerusakan alam dapat disebabkan oleh kedua faktor yaitu akibat peristiwa alam dan akibat ulah manusia. Kerusakan lingkungan hidup dapat diartikan sebagai proses deteriorasi atau penerunan mutu (kemunduran) lingkungan. Deteriorasi lingkungan ini ditandai denga hilangnya sumber daya tanah, air, udara, punah nya flora dan fauna liar, dan kerusakan ekosistem. Kerusakan lingkungan hidup memberikan dampak langsung bagi kehidupan manusia. Pada tahun 2004, High Level Threat Panel, Challenges and Change PBB, memasukkan degradasi lingkungan sebagai salah satu dari sepuluh ancaman terhadap kemanusiaan.World Risk Report yang dirilis German Alliance for Development Works (Alliance),United Nations University Institute for Environment and Human Security (UNU-EHS) dan The Nature Conservancy (TNC) pada 2012 pun menyebutkan bahwa kerusakan lingkungan menjadi salah satu faktor penting yang menentukan tinggi rendahnya risiko bencana di suatu kawasan.

download (1)

Nah tadi deskripsi singkat tentang kerusakan lingkungan. Sekarang aku mau membahas tentang permasalah kerusakan lingkungan yang ada di daerah ku. Oh iya, daerah asal ku di Kota Serang provinsi Banten. Di daerah ku kerusakan lingkungan yang sangat besar di sebabkan oleh industrial – industrial, karna di daerah ku ini merupakan kawasan industry.

Sebelum lebih lanjut aku mau menjelaskan sedikit apa sih itu industrialisasi ? Industrialisasi adalah suatu proses perubahan sosial ekonomi yang mengubah sistem pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri. Industrialisasi juga bisa diartikan sebagai suatu keadaan dimana masyarakat berfokus pada ekonomi yang meliputi pekerjaan yang semakin beragam (spesialisasi), gaji, dan penghasilan yang semakin tinggi. Industrialisasi adalah bagian dari proses modernisasi dimana perubahan sosial dan perkembangan ekonomi erat hubungannya dengan inovasi teknologi. Menurut para peniliti ada faktor yang menjadi acuan modernisasi industri dan pengembangan perusahaan. Mulai dari lingkungan politik dan hukum yang menguntungkan untuk dunia industri dan perdagangan, bisa juga dengan sumber daya alam yang beragam dan melimpah, dan juga sumber daya manusia yang cenderung rendah biaya, memiliki kemampuan dan bisa beradaptasi dengan pekerjaannya.

images (1)

Permasalahan lingkungan hidup telah menjadi suatu penyakit kronis yang dirasa sangat sulit untuk dipulihkan. Selama 20 tahun terakhir Pembangunan ekonomi Indonesia mengarah kepada industrialisasi. Tidak kurang terdapat 30.000 industri yang beroperasi di Indonesia dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Peningkatan jumlah ini menimbulkan dampak negative dari industrialisasi ini yaitu terjadinya peningkatan pencemaran yang dihasilkan dari proses produksi industri. Pencemaran air, udara, tanah dan pembuangan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) merupakan persoalan yang harus dihadapi oleh komunitas-komunitas yang tinggal di sekitar kawasan industri.

Pencemaran lingkungan adalah perubahan lingkungan ynag tidak menguntungkan, sebagian karena tindakan manusia, disebabkan perubahan pola penggunaan energi dan materi, tingkatan radiasi, bahan-bahan fisika dan kimia, dan jumlah organisme. Perbuatan ini dapat mempengaruhi langsung manusia, atau tidak langsung melalui air, hasil pertanian, peternakan, benda-benda, perilaku dalam apresiasi dan rekreasi di alam bebas. Pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh industrialisasi dapat meliputi pencemaran udara, air dan tanah.

images (2)
images

downloadDalam menyikapi terjadinya pencemaran atau degradasi lingkungan akibat teknologi industri, perlu adanya itikad yang kuat dan kesamaan persepsi dalam lingkungan hidup sebagai upaya-upaya yang dilakukan dalam pembangunan ekonomi. Memang manusia memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap lingkungannya, secara hayati ataupun kultural, misalnya manusia dapat menggunakan air yang tercemar dengan rekayasa teknologi (daur ulang) berupa salinisasi, bahkan produknya dapat menjadi komoditas ekonomi. Tetapi untuk mendapatkan mutu lingkungan hidup yang baik, agar dapat dimanfaatkan secara optimal maka manusia diharuskan untuk mampu memperkecil resiko kerusakan lingkungan. Pengelolaan lingkungan hidup dapatlah diartikan sebagai usaha secara sadar untuk memelihara atau memperbaiki mutu lingkungan agar kebutuhan dasar kita dapat terpenuhi dengan sebaik-baiknya.

Pada umumnya permasalahan kerusakan lingkungan hidup yang terjadi dapat diatasi dengan cara sebagai berikut:

  1. Menerapkan penggunaan teknologi yang ramah lingkungan pada pengelolaan sumber daya alam
  2. Memberikan kewenangan dan tanggung jawab secara bertahap terhadap pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.
  3. Pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara bertahap dapat dilakukan dengan cara membudayakan masyarakat dan kekuatan ekonomi.
  4. Ikut serta dalam rangka menanggulangi permasalahan lingkungan global.
  5. Untuk mengurangi aliran permukaan serta untuk meningkatkan resapan air sebagia air tanah, maka diperlukan pembuatan lahan dan sumur resapan.
  6. Reboisasi di daerah pegunungan, dimana daerah tersebut berfungsi sebagai reservoir air, tata air, peresapan air, dan keseimbangan lingkungan.

Nah semua itulah penjelasan yang singkat tentang permasalah lingkungan yang di sebabkan oleh industrial. Semoga dengan aku memberikan artikel ini, kita bisa tahu betapa pentingnya menjaga lingkungan di sekitar kita. Sebelum aku tutup aku mau memberikan kesimpulan tentang semua nya.

Indonesia merupakan salah satu negara yang perkembangan sektor industri cukup tinggi. Perkembangan ini di satu sisi memiliki dampak positif seperti peningkatan lapangan pekerjaan bagi rakyat, akan tetapi disisi lain juga memacu dampak negatif seperti pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat pengolahan limbah pada sektor industri yang kurang memperhatikan lingkungan. Pencemaran selalu berdampak pada kerusakan lingkungan, kerusakan lingkungan itu hadir karena negara Indonesia yang berkembang pesat di sektor industri. Perilaku yang muncul sebagian besar lebih memperhatikan output keuntungan yang dihasilkan daripada pengolahan limbah yang dihasilkan. Pencemaran lingkungan akan menyebabkan menurunnya mutu lingkungan hidup, sehingga akan mengancam kelangsungan makhluk hidup, terutama ketenangan dan ketentraman hidup manusia. Kemauan untuk saling menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan hidup merupakan itikad yang luhur dari dalam diri manusia dalam memandang hakekat dirinya sebagai warga dunia.

Sekian dan Trimakasih sudah mau membaca, semoga bermanfaat hehehe 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php