donnyfranklyn

Ikan Bandeng yang Menjadi Kuliner Khas Banten

Posted: April 2nd 2016

Halooo para pecinta kuliner, saat ini saya ingin memberikan informasi lagi nih tentang sumber daya alam kita yang ada di Indonesia yang pastinya kalian tidak akan pernah lagi asing untuk mendengarnya yaitu “Ikan Bandeng”. Hmmm pasti dengan kalian mendengar ikan bandeng kalian sudah membayangkan makanan yang lezat dan enak ya ??? hahaha, ya sebelum kalian membayangkan ikan bandeng yang sudah menjadi makanan yang lezat, kalian harus perlu tau dulu ini tentang si Bandeng ini.

Oke ini dia informasi tentang ikan bandeng tersebut, tapi mending sebelum kalian membaca artikel ini kalian ambil dulu gih makanan ringan, minuman, sebungkus rokok (bagi yang merokok yaaa), membenarkan sandaran kursi, biar kalian membaca nya dengan santai hihihihi πŸ˜€ πŸ˜€

Ikan bandeng adalah ikan yang sering di jumpai di Indonesia. Ikan bandeng ini termasuk ikan yang sering dibudidayakan oleh orang Indonesia. Bandeng (Chanos chanos) adalah ikan pangan popular di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam family Chanidae (bersama enam genus tambahan dilaporkan pernah ada namun sudah punah). Dalam bahasa Bugis dikenal sebagai Ikan Bolu, dan dalam bahasa Inggris Milkfish.

download (2)

Gambar 1. Ikan Bandeng

Daerah penyeberan ikan Banden yaitu di laut tropic Indo Pasifik dan dominan di daerah Asia. Di Asia Tenggara ikan bandeng berada didaerah perairan pantai Burma, Thailand, Vietnam, Philipina, Malaysia dan Indonesia. Secara umum penyeberan ikan Bandeng tercatat berada di sebagian besar laut Hindia dan laut Pasifik kira-kira dari 40 BT – 100 BB dan antara 40 LU – LS. Penyeberannya sangat dipengaruhi oleh factor lingkungan seperti phase bulan, pasang surut, arus air dan kelimpahan plankton.Β Ikan Bandeng hidup diperairan pantai, muara sungai, hamparan hutan bakau, lagoo, daerah genangan pasang surut dan sungai. Ikan bandeng dewasa biasanya berada di perairan littoral. Pada musim pemijahan induk ikan bandeng sering dijumpai berkelompok pada jarak tidak terlalu jauh dari pantai dengan karakteristik habitat perairan jernih, dasar perairan berpasir dan berkarang dengan kedalaman antara 10-30 m kematangan kelamin.

Nah tuh di awal tadi sudah di jelaskan tentang deskripsi singkat siapa sih si Bandeng ini dan dimana sih si Bandeng ini ada. Sekarang saya akan menjelaskan tentang lebih jauh lagi si Bandeng ini. Ciri – ciri dari si Bandeng, kandungan yang ada di Bandeng dan Pemanfaatan dari si Bandeng tersebut. Cekidoottt !! πŸ˜€

Pada morfologi ikan Bandeng secara eksternal mempunyai kepala mengecil dibandingkan lebar dan panjang badannya, matanya tertutup oleh selaput lender (adipose). Sisik ikan Bandeng yang masih hidup berwarna perak, mengkilap pada seluruh tubuhnya. Pada bagian punggungnya berwarna kehitaman atau hijau kekuningan atau kadang-kadang albino, dan bagian perutnya berwarna perak serta mempunyai sisik lateral dari baian depan sampai sirip ekor. Pada ikan Bandeng ukuran juvenile dan dewasa jumlah sirip dorsal II :12-14, anal II: 8 atau 9, sirip dada I: 15-16, sirip bawah I:10 atau 11 dan mempunyai sisik lateral dari bagian depan sampai caudal antara 75-85, dan tulang belakang berjumlah 44 ruas.

Ikan Bandeng yang termasuk dalam ini memiliki Kandungan Gizi per-100 gram daging ikan yang terdiri dari energi 129 kkal, protein 20 gr, lemak 4.8 gr, kalsium 20 mg, fosfor 150 mg, besi 2 mg, vitamin A 150 SI serta vitamin B1 0.05 mg.Dari kandungan nutrisi tersebut kelihatan bahwa kandungan protein ikan bandeng cukup tinggi. Hal ini yang menjadikan ikan bandeng sangat mudah dicerna serta sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua usia dalam mencukupi kebutuhan protein tubuh, menjaga dan memelihara kesehatan serta mencegah penyakit akibat kekurangan zat gizi mikro.

Seperti halnya ikan Salmon, Ikan Bandeng juga mengandung Asam Lemak Omega 3 yang sangat berguna dalam mencegah terjadinya penggumpalan darah sehingga dapat mencegah serangan penyakit jantung koroner. Selain itu Asam Lemak Omega 3 juga bersifat hipokolesterolemik yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan berperan dalam pertumbuhan otak pada janin serta membantu pertumbuhan sistem saraf.

Pada masyarakan Banten tepat nya di Kota Serang, ikan Bandeng tersebut di sajikan berbeda dari yang lain yaitu di sajikan menjadi sate yang sekarang menjadi makanan atau kuliner khas dari Banten.

download

Gambar 2. Sate Bandeng

Tidak seperti sate pada umumnya yaitu potongan daging kecil-kecil yang ditusukkan pada sebilah bambu lalu di bakar dengan bara dan dihidangkan setelah disiram bumbu sambal kacang atau kecap. Proses pembuatan Sate Bandeng sangat unik, setelah dibersihkan sisiknya, ikan bandeng diremas atau dipukul-pukul (gepuk) agar dagingnya hancur dan terpisah dari kulit ikan bandeng yang tebal. Kemudian daging ikan bandeng yang sudah hancur tersebut dikeluarkan dari kulitnya dengan cara mencabut tulang dari bagian bawah kepala ikan untuk dibuang duri-duri halusnya dan dicampur dengan bumbu dan santan kental.

Setelah itu daging yang telah bercampur bumbu tadi dimasukkan kembali kedalam kulit bandeng yang masih utuh sehingga berbentuk ikan seperti semula lalu ditusukkan pada bambu dan dibakar. Setelah diolah menjadi Sate Bandeng Banten, rasa asli ikan bandeng yang menurut kebanyakan orang bau lumpur menjadi hilang sama sekali dan tergantikan oleh gurihnya santan kental dan bumbu-bumbu lain seperti ketumbar. Sate Bandeng Banten bisa disantap dengan nasi tanpa harus menambahkan bumbu sambal seperti sate lainnya, tetapi jika memang ingin menyantap dengan tambahan sambal, sambal kecap bisa menjadi pasangan yang cocok untuk Sate Bandeng.

Ikan Bandeng termasuk ikan yang rendah kolesterolnya. Penyakit jantung koroner yang disebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah dipicu oleh karena tubuh terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak Lemak Jenuh. Rajin mengkonsumsi ikan adalah salah satu cara diet tepat dalam menangkal serangan penyakit jantung koroner. Sudah banyak yang tahu kalau bangsa Eskimo jago dalam mengkonsumsi ikan, 300 – 400 gr perhari, sehingga kasus penyakit jantung sangat rendah ditemukan disana.

Jadi sebagai bahan pangan, ikan merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik dan prospektif. Keunggulan utama protein ikan dibandingkan dengan produk lainnya adalah kelengkapan komposisi asam amino dan kemudahannya untuk dicerna. Ikan juga mengandung asam lemak, terutama Omega-3, yang sangat penting artinya bagi kesehatan dan perkembangan otak bayi untuk potensi kecerdasannya. Demikian besar peranan gizinya bagi kesehatan, ikan merupakan pilihan yang tepat untuk diet di masa yang akan datang.

Ikan bandeng merupakan ikan laut yang sudah tenar untuk di perjual belikan dan di konsumsi, karena bandeng merupakan ikan yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Hampur semua masyarakat memanfaatkan ikan ini, mulai dari daging hingga tulang nya dimanfaatkan semua. Sehingga permintaan pasar terhadap ikan ini semakin meningkat. Maka dari itu untuk mengatasi kelangkaan akibat permintaan yang selalu meningkat, maka solusi nya membudidayakan ikan tersebut. Permasalahan pada budidaya ini biasanya yaitu hama yang menyerang ikan Bandeng tersebut.

Nah tuh selain di goreng, pepes, presto, dll, si bandeng ini di buat menjadi sate loohh !! Rasa sate Bandeng nya itu buuuiiihhhh mantap abis lah, susah di terangin pake kata-kata kalian harus mencoba deh ya kapan-kapan. Sate bandeng ini juga dari dulu hingga sekarang menjadi makanan Khas dari Banten, jadi kalian harus ke Banten dulu ya kalo ingin mencicipi lezat nya sate bandeng ini tepat nya di Kota Serang.

Nih gua kasih lagi deh gambar nya biar kalian makin ngeceeeeeesss hahahaha πŸ˜€

download (1)

Gambar 3. Sate Bandeng

Setelah kalian berlapar dan mengeces rriiiaaa, sedikit lagi nih tentang si Bandeng ini. Si bandeng ini sekarang udah sering di budidaya dan dia sering sekali di serang hama atau predator. nah sekarang saya ingin memberika informasi tentang hama dan cara menanggulangi nya seperti apa. Cekidooott !!! πŸ˜€

Hama dapat dikendalikan di awal pembuatan lahan budidaya dengan cara pengeringan tanah dasar lahan. Pengeringan dasar lahan berujuan untuk membunuh hama dan penyakit yang ada di dasar. Pengeringan dilakukan dengan cara membuang semua air yang ada dilahan dan dilakukan penjemuran. Selain itu juga pemberantasan hama dilakukan pengapuran maupun dengan bahan kimia. Jika pengeringan belom maksimal maka akan menghasilkan pertumbuhan klekap yang kurang baik juga, maka untuk mengatasi permasalaahan ini selanjutnya ditambahkan saponin 50 Kg/ha lalu pengapuran dengan dosis 500kg/ha untuk meningkatkan pH tanah, biasanya saponin direndam dulu dalam air selama 12 jam sekaligus memberantas hama dan penyakit.

 

Demikian lah informasi dari sumber daya lokal kita di Indonesia, semoga informasi tersebut bisa berguna untuk kalian. God Bless You πŸ˜‰


9 responses to “Ikan Bandeng yang Menjadi Kuliner Khas Banten”

  1. linceriasitohang says:

    menarik nih ikan bandeng, sy lebih sering konsumsi bandeng presto πŸ˜€ metode memasak yang dipilih dengan cara memanggang (tanpa minyak) sehingga dapat menurunkan kadar lemak dan kalori. Terimakasih sudah sharing πŸ™‚

  2. linceriasitohang says:

    aku kasi skor 85 don πŸ˜€

    • donnyfranklyn says:

      yuppss itu juga bagus di presto buat menghindari kolesterol. asiiiikk trimakasih sudah memberi nilai lince πŸ˜€

  3. Gusti Ayu Putri Amelia says:

    Tulisannya sangat menarik dan membuat saya menjadi lapar. Saya punya pertanyaan sbnrnya masalah apa yg paling menonjol yg menyebabkan ikan bandeng ini menjadi langka atau yg sdh punah ?
    Aku kasi skor 80 ya

    • donnyfranklyn says:

      naaahh itu dia put, dari kemaren aku mencari cari sumber tidak ada yang memberi alasan ataupun informasi tentang kepunahan dari famili nya si bandeng ini. yang selalu terbuka itu pasti nya tentang budidaya nya, penjualan, dan masalah – masalah yang umum saja. Asiikkk trimakasih sudah memberi nilai.

  4. bogo6013 says:

    hahaha.. kuliner sekali artikelnya. sangat menggoda. namun yang belun saya mengerti, mengapa ikan laut ini di budidayakan didarat tapi masih saja terdapat hama dan penyakit? nilaimu 80 ya πŸ™‚

  5. bogo6013 says:

    ini ranti ya πŸ™‚

    • donnyfranklyn says:

      naaahh itu dia mungkin karna tempat dari budidaya tersebut bisa menjadi faktor nya, atau juga dari segi lingkungan nya bisa juga menjadi faktor nya. Asiikk makasih sudah memberi nilaaiii

  6. kayaknya enak yaa sate bandeng, karena selama ini yang ku tahu cua pepes. hehe nah don dari awal kamu bahas hama merupakan permasalahan pada bandeng , tapi kamu tidak menyebutkan hama apa? apakah hama yang menyerang ikan bandeng ini? biar makin lengkap aja informasinya makasih . nilai 80

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php