donnyfranklyn

“Melinjo” Si Kecil Jagoan Masyarakat Banten

Posted: February 29th 2016

Tahu kah kalian tumbuhan melinjo ? Melinjo biasa nya digunakan untuk membuat sayur asam, yg berwarna merah. CEKIDOOTTT!!!

th3Gambar 1.

Nah apakah kalian sudah tahu melinjo ? Jika belom tahu juga, ini saya kasih contoh gambar melinjo yang ada di sayur asam, yang kalian mungkin pernah kalian makan. CEKIDOTT!!!

th4Gambar 2.

Naaahh kalian sudah kan bentuk dari melinjo. Sekarang saya akan menjelaskan deskripsi singkat dari tumbuhan melinjo tersebut. Sebelum nya kenapa sih saya mengambil contoh Sumber Daya Alam nya melinjo. Alasan nya karna melinjo merupakan tumbuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia maupun lingkungan. Si melinjo ini bisa di jadikan buat obat tradisional, jadi makanan yang lezat, bisa di jadikan kayu bakar untuk memasak, bisa juga di jadikan buat bahan papan, daann sebagainya. Selain itu juga melinjo tumbuh sangat banyak di daerah provini Banten tepat nya di Pandeglang. Laluuuu saya pun warga lokal asli dari Banten tepat nya sih tinggal di Kota Serang. Nah itu dia salah tiga alasan saya mengambil contoh SDA yang ada di daerah sayaaa.

Berikutnya saya akan menjelaskan deskripsi singkat tentang tumbuhan melinjo tersebut. CEKIDOOOTT !!!

Tumbuhan melinjo merupukan salah satu tumbuhan berbiji terbuka yang tumbuh didaerah tropis. Melinjo ini berbentuk pohon berumah dua (ada individu jantan dan betina) yang selalu hijau dan berbatang lurus, tinggi dapat mencapai 5-10m. Tanaman melinjo dapat tumbuh pada ketinggian tempat 0-1.200 mdpl. Dengan demikian tanaman melinjo dapat tumbuh di pegunungan berhawa lembab, bias juga sih di dataran rendah yang relative kering. Namun agar dapat berpoduksi secara maksimal, melinjo sebaiknya ditanam di dataran rendah yang ketinggian nya tidak lebih dari 400mdpl dan dengan curah hujan sekitar 3.000-5.000 mm/tahun merata sepanjang tahun.

Pohon melinjo sudah dapat dipanen setelah berumur 5-6 tahun. Panen dilakukan dua kali setahun. Panen besar sekitar bulan Mei-Juli, sedangkan panen kecil sekitar bulan Oktober-Desember. Sedangkan pemungutan bunga dan daun muda dapat dilakukan kapan saja. Hasil melinjo per pohon untuk tanaman melinjo yang sudah dewasa bervariasi antara 15.000-20.000 biji. Menurut petani, tanaman melinjo umur 15 tahun hasil produksi buahnya mencapai 50 kg klatak (buah yang telah dikupas kulitnya) sekali panen, berarti produksi yang diperoleh klatak 100 kg/pohon/tahun. Berbagai bagian dari pohon melinjo dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Diantaranya, daun, biji melinjo dan kulit biji melinjo sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk sayur. Selain itu, bijinya juga dapat diolah menjadi emping.

Oh ya, BTW kalian tahu emping ? Jika kalian tidak tahu, tenang biar kalian tidak ketinggalan zaman ini saya punya contoh gambar nya. CEKIDOOOTT!!!

th

th2Gambar 3.

Nah itu dia gambar nya, kalian tahu kan. Gambar yang atas itu emping yang beelom di goreng, nah gambar yang bawah itu baru emping yang sudah matang dan siap di santap. Oh ya, kalian jangan makan terlalu banyak ya. Karna kalo makan terlalu banyak kalian bisa kena penyakit asam uraatt hahaha.

Tanaman melinjo banyak tumbuh di daerah Pandeglang, yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk bahan baku pembuatan emping. Selain untuk bahan baku emping, melinjo sangat bermanfaat bagi lingkungan yaitu sebagai antimikroba alami. Doktor biokimia dari Osaka Prefecture University, Jepang telah mengisolasi dua jenis protein yang menunjukkan adanya aktivitas antioksidan tinggi. Mulai dari daun, kulit, batang, akar, sampai biji melinjo yang ditelitinya. Tri menemukan protein yang paling potensial adalah dari bijinya.

Dari hasil peneitian menunjukkan antioksidan pada biji melinjo setara dengan aktivitas antioksi dan sintetik BHT (Butylated Hydroxytolune). Karena kedua unsur protein tersebut, telah ditemukan fungsi lain dari melinjo yaitu sebagai antimikroba alami. Yang berarti protein melinjo juga bisa dipakai sebagai pengawet makanan alami sekaligus obat untuk penyakit yang disebabkan bakteri. Peptida Gg-AMP yang diisolasi dari biji melinjo memiliki potensi aktif yang menunjukkan menghambat beberapa jenis bakteri gram positif dan negatif

Fungsi lain dari melinjo ini bermanfaat bagi masyarakat yang biasanya batang melinjo dapat digunakan sebagai bahan papan dan kayu bakar untuk memasak. Daun melinjo yang masih muda dapat dimanfaatkan sebagai bahan sayuran seperti bahan sayur asem. Bunga dan biji yang masuk kecil dapat dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Melinjo sangat penting bagi masyarakat yang tinggal di daerah Banten khususnya di daerah Pandeglang, untuk meningkatkan ekonomi mereka dengan berbisnis mengolah melinjo tersebut.

Nah itu dia SDA yang ada di daerah saya. Melinjo tanaman kecil tapi khasiat nya luuuaaarr biaasa dahsyat nya bagi manusia maupun lingkunga. Semua yang ada di tumbuhan melinjo digunakan sampe habis tak tersisa, yang tua pun masih juga di pake buat bahan baku emping. Maknyus tooohhh, Terima kasih telah membaca blog saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua ya info nya. GBU All


9 responses to ““Melinjo” Si Kecil Jagoan Masyarakat Banten”

  1. Vivi Indriasti Freshily says:

    terimakasih atas informasi mengenai manfaat ari melinjo ini, hal ini menambah pengetahuan saya mengenai enaknya makan emping dan terutama untuk manfaat makan emping, karna jujur saja saya salah satu penggemar emping,, ahahaha trimakasih donn,,,

    • donnyfranklyn says:

      Hati-hati ya vi jangan kebanyakan bisa jadi mengidap penyakit asam urat, lebih baik mencegah dari pada mengobati ya hahaha 😀 Sama sama vivi 🙂

  2. linceriasitohang says:

    Pengetahuan baru lagi 🙂 Sepengetahuan sy si melinjo ini hanya diolah menjadi masakan sehari hari dan emping saja ternyata si melinjo bisa menjadi antimikrobia alami, amazing! Trimakasih utk informasinya donny Cekidotttt 😀 HAHAHA

    • donnyfranklyn says:

      Aku sendiri juga baru tau ce ternyata bisa di pake buat antimikrobia hahaha, okeoke lince sama sama 😀

  3. Gusti Ayu Putri Amelia says:

    Keren jga ya tanaman ini, kecil-kecil cabe rawit krn bnyk manfaat dan khasiatnya.

  4. kunjono05 says:

    jadi tambah pengetahuan untuk fungsi tanaman melinjo.ternyata tanaman melinjo bisa buat anti mikrobia alami yang ramah lingkungan.bukan hanya sebagai bahan pokok makanan saja.

  5. Armae Dianrevy says:

    Artikel ini membantu pemahaman menganai manfaat, kandungan dan dampak dari melinjo jadi tidak hanya untuk dimakan pengetahuan hal tersebut menambah pengetahuan. Mengenai penggunaan melinjo masih banyak yang digunakan untuk masakan, mengingat kandungan protein yang tinggi perlu adanya pengembangan lebih lanjut.

  6. informasi yang sangat CEKIDOTTT ! tanaman yang mempunyai banyak manfaat, dan merupakan sumberdaya alam yang banyak di temukan di tempat mu. sekedar info tambahan biar tambah cekidot ,di tempat saya Jayapura melinjo ini khususnya yang telah diolah menjadi emping memiliki nilai ekonomi yang tinggi. sumberdaya alam yang sangat menarik dalam hal ekonomi 🙂

  7. Anselmus Masan Rumat says:

    tulisannya bagus, lengkap dengan contoh gambarnya. banyak pemahaman baru yang bisa dipakai untuk belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php